Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Takut Nonton Moto3 Zaman Sekarang

Kompas.com - 09/06/2021, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik keselamatan menjadi fokus dalam dua balapan MotoGP terakhir. Terutama setelah kematian pebalap Moto3 Jason Dupasquier.

Insiden Dupasquier membuka mata bahwa semua kelas sangat berbahaya termasuk kelas Moto3. Tidak ada balapan yang aman, apalagi dengan persaingan yang begitu ketat.

Legenda balap MotoGP, Valentino Rossi, mengatakan, saat ini persaingan di kelas Moto3 sangat sengit.

Baca juga: Pentingnya Transportasi Logistik bagi Perekonomian Indonesia

Pebalap Moto3, Jason Dupasquier, yang tewas saat Moto3 Italia 2021Dok. MotoGP Pebalap Moto3, Jason Dupasquier, yang tewas saat Moto3 Italia 2021

"Saya takut saat menonton balapan Moto3," kata Rossi mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (8/6/2021).

"Saya pikir itu terlalu berbahaya sekarang. Saya tidak bisa menikmati balapan karena saya khawatir," katanya.

"Ini bukan masalah yang mudah untuk dipecahkan," kata Rossi.

Rossi menilai saat ini banyak hal yang harus dilakukan di Moto3 untuk membuat persaingan yang lebih terkendali.

Petugas medis membersihkan lintasan saat mereka mengevakuasi pebalap Moto3 Jason Dupasquier dengan helikopter yang mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi MotoGP Italia di Mugello di pada 29 Mei 2021.AFP/TIZIANA FABI Petugas medis membersihkan lintasan saat mereka mengevakuasi pebalap Moto3 Jason Dupasquier dengan helikopter yang mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi MotoGP Italia di Mugello di pada 29 Mei 2021.

Pebalap Petronas Yamaha SRT itu mengatakan, saat ini mesti ada peraturan yang meredam agar para pebalap muda lebih terkontrol di lintasan.

"Mereka yang bertanggung jawab (punya jabatan) harus bicara dengan pebalap dengan serius. Mereka harus berbicara dengan mereka yang melakukan manuver berbahaya," katanya.

Baca juga: Mengenal Marka Chevron yang Sering Ditemui di Jalan Tol

"Mereka harus membuat para pebalap menonton rekaman dan mengancam mereka dengan diskualifikasi jika mereka melakukan hal ini lagi," kata Rossi.

Pebalap MotoGP diam selama satu menit sebagai penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal pada usia 19 tahun karena kecelakaan saat kualifikasi di Grand Prix Italia, sebelum dimulainya balapan MotoGP balapan MotoGP Italia di Mugello pada Minggu 30 Mei 2021.AFP/TIZIANA FABI Pebalap MotoGP diam selama satu menit sebagai penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal pada usia 19 tahun karena kecelakaan saat kualifikasi di Grand Prix Italia, sebelum dimulainya balapan MotoGP balapan MotoGP Italia di Mugello pada Minggu 30 Mei 2021.

Rossi mengatakan, hegemoni sosial media juga berdampak pada mental para pebalap muda Moto3 di lintasan.

"Moto3 menjadi tontonan yang terlalu dilebihkan, bahkan di jejaring sosial dengan ungkapan seperti 'balapan sesungguhnya!' atau 'luar biasa, lap terakhir dengan 25 pembalap!,' kata Rossi.

"Mereka memotivasi para pebalap untuk balapan lebih keras lagi. Saya rasa bukan itu jalannya,” kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com