Valentino Rossi Takut Nonton Moto3 Zaman Sekarang

Kompas.com - 09/06/2021, 08:42 WIB
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, pada seri MotoGP Spanyol 2021 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, 30 April-2 Mei 2021. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOUPebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, pada seri MotoGP Spanyol 2021 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, 30 April-2 Mei 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik keselamatan menjadi fokus dalam dua balapan MotoGP terakhir. Terutama setelah kematian pebalap Moto3 Jason Dupasquier.

Insiden Dupasquier membuka mata bahwa semua kelas sangat berbahaya termasuk kelas Moto3. Tidak ada balapan yang aman, apalagi dengan persaingan yang begitu ketat.

Legenda balap MotoGP, Valentino Rossi, mengatakan, saat ini persaingan di kelas Moto3 sangat sengit.

Baca juga: Pentingnya Transportasi Logistik bagi Perekonomian Indonesia

Pebalap Moto3, Jason Dupasquier, yang tewas saat Moto3 Italia 2021Dok. MotoGP Pebalap Moto3, Jason Dupasquier, yang tewas saat Moto3 Italia 2021

"Saya takut saat menonton balapan Moto3," kata Rossi mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (8/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya pikir itu terlalu berbahaya sekarang. Saya tidak bisa menikmati balapan karena saya khawatir," katanya.

"Ini bukan masalah yang mudah untuk dipecahkan," kata Rossi.

Rossi menilai saat ini banyak hal yang harus dilakukan di Moto3 untuk membuat persaingan yang lebih terkendali.

Petugas medis membersihkan lintasan saat mereka mengevakuasi pebalap Moto3 Jason Dupasquier dengan helikopter yang mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi MotoGP Italia di Mugello di pada 29 Mei 2021.AFP/TIZIANA FABI Petugas medis membersihkan lintasan saat mereka mengevakuasi pebalap Moto3 Jason Dupasquier dengan helikopter yang mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi MotoGP Italia di Mugello di pada 29 Mei 2021.

Pebalap Petronas Yamaha SRT itu mengatakan, saat ini mesti ada peraturan yang meredam agar para pebalap muda lebih terkontrol di lintasan.

"Mereka yang bertanggung jawab (punya jabatan) harus bicara dengan pebalap dengan serius. Mereka harus berbicara dengan mereka yang melakukan manuver berbahaya," katanya.

Baca juga: Mengenal Marka Chevron yang Sering Ditemui di Jalan Tol

"Mereka harus membuat para pebalap menonton rekaman dan mengancam mereka dengan diskualifikasi jika mereka melakukan hal ini lagi," kata Rossi.

Pebalap MotoGP diam selama satu menit sebagai penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal pada usia 19 tahun karena kecelakaan saat kualifikasi di Grand Prix Italia, sebelum dimulainya balapan MotoGP balapan MotoGP Italia di Mugello pada Minggu 30 Mei 2021.AFP/TIZIANA FABI Pebalap MotoGP diam selama satu menit sebagai penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal pada usia 19 tahun karena kecelakaan saat kualifikasi di Grand Prix Italia, sebelum dimulainya balapan MotoGP balapan MotoGP Italia di Mugello pada Minggu 30 Mei 2021.

Rossi mengatakan, hegemoni sosial media juga berdampak pada mental para pebalap muda Moto3 di lintasan.

"Moto3 menjadi tontonan yang terlalu dilebihkan, bahkan di jejaring sosial dengan ungkapan seperti 'balapan sesungguhnya!' atau 'luar biasa, lap terakhir dengan 25 pembalap!,' kata Rossi.

"Mereka memotivasi para pebalap untuk balapan lebih keras lagi. Saya rasa bukan itu jalannya,” kata Rossi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.