Pentingnya Transportasi Logistik bagi Perekonomian Indonesia

Kompas.com - 08/06/2021, 19:21 WIB
Kendaraan logistik melintas di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021). Kompas.com/ Imam RosidinKendaraan logistik melintas di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa transportasi logistik menjadi salah satu penopang bangkitnya perekonomian Indonesia yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, diupayakan untuk sektor terkait bisa berkembang secara terus-menerus. Demikian dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam diskusi virtual bertajuk Transportasi untuk Kelancaran Logistik dan Kemajuan Ekonomi di Masa Pandemi.

“Transportasi logistik adalah darah dari semua kegiatan manusia Indonesia dan menjadi lokomotif serta penopang sektor lainnya untuk terus bergerak," ujar dia, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Masih Marak, Ini Sanksi untuk Pelaku Balap Liar

Menhub Budi Karya Sumadi di CirebonBKIP Kemenhub Menhub Budi Karya Sumadi di Cirebon

"Untuk itu kami berupaya memastikan pelayanan transportasi logistik terus berjalan untuk menopang ketahanan energi, pangan dan kegiatan di berbagai sektor lainnya sehingga ekonomi menjadi bangkit dan mencapai kondisi yang lebih baik,” tambah Budi.

Sebagaimana arahan Presiden, kata Budi bahwa dalam menghadapi pandemi, pemerintah di satu sisi berupaya menangani pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun di sisi lain, pemerintah juga berupaya membangkitkan perekonomian, dengan menerbitkan sejumlah regulasi dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional di berbagai sektor.

Kemenhub mendukung kebijakan tersebut melalui berbagai program, diantaranya melalui subsidi baik angkutan penumpang maupun angkutan logistik," ucapnya.

Serta, terus mendorong revitalisasi dan pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia, guna semakin melancarkan pergerakan manusia maupun logistik.

Baca juga: Tol Japek II Lanjut Pembangunan, Alternatif ke Purwakarta dan Bandung

Ilustrasi logistikFelipe Dupouy Ilustrasi logistik

Menurut Budi, di masa pandemi aktivitas sektor logistik masih tetap berjalan relatif stabil dan aktivitas belanja daring semakin meningkat.

Hal itu tentunya perlu didukung oleh jaringan transportasi yang memadai agar dapat berjalan lebih baik lagi.

“Untuk itu, Kemenhub akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di tengah pandemi agar pasokan distribusi logistik untuk melayani masyarakat dapat dilakukan lebih efektif dan efisien,” kata dia.

Budi mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor transportasi agar tetap konsisten mewujudkan konektivitas melalui simpul-simpul transportasi dalam rangka mendukung kelancaran angkutan Logistik di Indonesia.

Dengan konsistensi membangun konektvitas dan didukung dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan yang baik, pemerintah optimis perekonomian nasional akan segera bangkit.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X