Polisi Tetap Lakukan Pengetatan Kendaraan untuk Mengendalikan Pandemi

Kompas.com - 05/06/2021, 08:22 WIB
Pengetatan pra mudik di titik check point Tanjungpura, Karawang, Selasa (27/4/2021). KOMPAS.COM/FARIDAPengetatan pra mudik di titik check point Tanjungpura, Karawang, Selasa (27/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan tetap melakukan pengetatan terhadap sepeda motor dan mobil dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selepas masa Operasi Ketupat sesuai Instruksi Mendagri Nomor 12 Tahun 2021.

Dalam instruksi mengenai perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan berlaku hingga 14 Juni 2021 tersebut, diimbau agar penyebaran pandemi bisa dikendalikan.

"Polri pada hari libur dan hari libur nasional Polri tetap melakukan kegiatan pengetatan di area kerumunan, terutama di zona merah dan zona oranye, serta di tempat konsentrasi wisata dan moda transportasi," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Kamis (3/6/2012).

Baca juga: Transjakarta Tegaskan Pakai Ban Ori Bukan Ban Vulkanisir

Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga bakal mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas secara door to door ke masyarakat.

Para Bhabinkamtibmas yang diatur oleh masing-masing Polda itu akan mensosialisasikan ke masyarakat ihwal pentingnya vaksinansi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami juga melaksanakan akselerasi vaksinasi guna mempercepat herd immunity, baik dari Satgas Covid TNI, Polri di Pemda, secara aktif menyosialisasikan ke masyarakat," kata Istiono.

Bahkan, Polri juga melakukan sejumlah inovasi terkait upaya pencegahan Covid-19.

Di antaranya, pengerahan mobil-mobil milik Polri dari Brimob hingga Sabhara untuk kegiatan penyemprotan disinfektan ke masyarakat secara gratis.

“Kemudian SIM keliling, mobil Dikmas Lantas, mobil PJR, juga digunakan sebagai unit kegiatan mobilitas proaktif untuk tes random antigen," ujar Istiono.

Baca juga: Atasi Kemacetan, Jangan Andalkan Ganjil Genap

Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.

"Juga mobil-mobil Biddokkes dan nakesnya dikerahkan secara optimal dan juga sumber daya manusia kita Polri, dilatihkan menjadi tenaga kesehatan untuk mengoptimalkan upaya-upaya pencegahan COVID-19,” lanjutnya.

Dia menegaskan, Polri akan mengerahkan segala sarana dan prasarana yang ada dalam pencegahan penyebaran COVID-19, termasuk dengan tetap melakukan pengetatan dan pemantauan di jalur-jalur dari Sumatera menuju Jawa.

Terakhir, Istiono menyampaikan pengetatan juga diberlakukan untuk kendaraan dari Sumatera menuju Jawa. Polda atau Polres yang akan melakukan mekanisme pengetatan.

“Kewenangan diserahkan ke masing-masing wilayah,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.