Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon PPnBM 50 Persen, Harga Mobilio di Jawa Tengah Naik Rp 7 Jutaan

Kompas.com - 04/06/2021, 16:51 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) merupakan salah satu pabrikan mobil yang mendapatkan relaksasi pajak PPnBM yang diberikan oleh pemerintah. Di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), Honda memiliki satu unit yang mendapatakn diskon yakni Honda Mobilio.

Perlu diketahui, diskon PPnBM yang diterima untuk tahap kedua bulan Juni hingga Agustus 2021 kini sedah berkurang dari 100 persen menjadi 50 persen. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 20/PMK.010/2021.

Baca juga: Daftar Harga HR-V dan CR-V Usai PPnBM 50 Persen

Beberapa diler kendaraan yang mendapatkan diskon PPnBM sudah mulai menaikkan harga untuk unit mereka.

Kenaikan harga bervariasi sesuai dengan tipe dan merek kendaraan. Salah satu yang sudah mengumumkan kenaikan harga baru yakni PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia.

Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor. KOMPAS.com/Aditya Maulana Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor.

Dengan berlakunya aturan tersebut muali Juni 2021, maka otomatis harga mobil baru juga akan berubah karena pengurangan diskon pajak.

Harga Honda Mobillio di Jawa Tengah pada diskon PPnBM tahap pertama, dibanderol dengan harga Rp 198 jutaan hingga Rp 252 jutaan untuk tipe tertingginya.

Baca juga: Cara Pengemudi Mengetahui bila Ada Copet di Busnya

Sedangkan jika dibandingkan dengan harga baru dengan PPnBM 50 persen, ada selisih harga sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7,5 jutaan. Kenaikan harga tersebut akibat imbas berkurangnya relaksasi pajak yang diterima.

"Harga mulai Juni ini sudah naik, ke depannya akan naik lagi untuk PPnBM tahap berikutnya," kata salah satu tenaga penjual di diler Honda Solo, Jawa Tengah kepada Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Honda MobilioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Mobilio

Diskon harga PPnBM tahap kedua dengan relaksasi 50 persen hanya akan berlaku hingga Agustus 2021. Setelahnya akan ada regulasi baru yakni pengurangan diskon yang hanya 25 persen dari pajak PPnBM yang harus dibayarkan untuk mobil baru.

Baca juga: Ganjil Genap Ingin Diberlakukan Lagi, Polda Metro Jaya Berikan Syarat Ini

Berikut adalah daftar kenaikan harga Honda Mobilio di Jawa Tengah sesuai data yang diterima oleh redaksi Kompas.com dari salah satu tenaga penjual di diler Honda Solo, Jawa Tengah.

Honda Mobilio S MT Naik Rp 5.7 juta menjadi Rp 203.8 juta
Honda Mobilio E MT Naik Rp 6.4 juta menjadi Rp 224.1 juta
Honda Mobilio E CVT Naik Rp 6.8 juta menjadi Rp 234.7 juta
Honda Mobilio RS MT Naik Rp 7.1 juta menjadi Rp 247.4 juta
Honda Mobilio RS CVT Naik Rp 7.5 juta menjadi Rp 258 juta
Honda Mobilio RS MT TWO TONE Naik Rp 7.1 juta menjadi Rp 248.9 juta
Honda Mobilio RS CVT TWO TONE Naik Rp 7.5 juta menjadi Rp 259.5 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com