Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Kantong Jebol, Ini Beda Tarif Parkir Inap dan Harian di Bandara

Kompas.com - 04/06/2021, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video seorang WNA di Bali yang membayar parkir mobil senilai Rp 9,6 juta di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Kejadian tersebut seharusnya bisa menjadi pembelajaran bagi pemilik kendaraan yang ingin memarkir mobilnya saat akan melakukan perjalanan singkat menggunakan pesawat terbang.

Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui tata cara parkir inap di bandara Seokarno Hatta (Soetta).

Baca juga: Intip Spesifikasi Kawasaki J125, Bisa Jadi Pesaing Berat Nmax dan PCX

Dilansir dari situs resmi soekarnohatta-airport.co.id, terdapat juga jenis layanan yang sama yakni parkir harian dan parkir inap. Masing-masing jenis layanan parkir ini memiliki tarif yang berbeda.

Untuk parkir harian, tarif parkir motor dikenakan Rp 5.000 per 24 jam. Sedangkan untuk mobil dikenakan Rp 5.000 untuk satu jam pertama, lalu Rp 4.000 untuk satu jam berikutnya dan seterusnya.

Papan penunjuk lokasi pintu pasuk parkir inap Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pengguna kendaraan harus memperhatikan papan tanda seperti ini agar tidak salah masuk area parkir.Dok. Angkasa Pura II Papan penunjuk lokasi pintu pasuk parkir inap Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pengguna kendaraan harus memperhatikan papan tanda seperti ini agar tidak salah masuk area parkir.

Untuk parkir inap, tarif parkir mobil dikenakan Rp 30.000 untuk 4 jam pertama. Selanjutnya, akan dikenakan 6.000 per jam untuk jam berikutnya.

“Tidak ada batas maksimal untuk parkir di bandara. Jadi, tarifnya akan dihitung terus berapa lama pun kendaraan parkir,” ujar operator telepon Bandara Soetta, saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Diam-diam Wuling Segarkan Tampang MPV Murahnya

Sementara untuk lokasi parkir inap, ada di seberang Terminal 1 dan depan Gedung 601. Dari lokasi parkir, tersedia layanan shuttle car yang akan mengantar penumpang ke terminal yang dituju.

Layanan shuttle car ini tersedia 24 jam, kapan pun pengemudi memarkirkan mobil di parkir inap, maka bisa meminta shuttle untuk mengantarnya ke terminal yang dituju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com