Simak Teknik Mengerem Motor yang Aman di Jalan Licin

Kompas.com - 30/05/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi pengendara motor terpeleset Ilustrasi pengendara motor terpeleset

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengendarai sepeda motor, dibutuhkan konsentrasi penuh dalam menjaga kendaraan roda dua ini tetap stabil berjalan. Bukan tidak mungkin sepeda motor dapat hilang keseimbangan karena beberapa faktor.

Salah satunya adalah ketika melewati jalanan yang licin. Jalan licin pun bisa disebabkan karena beberapa hal.

Selain genangan air atau jalanan berpasir, bisa juga akibat tumpahan minyak atau oli bekas kecelakaan.

Terkadang ditemukan pengendara motor jatuh terpeleset saat melewati kondisi jalan semacam itu.

Maka dari itu diperlukan teknik mengerem yang benar agar pengendara tetap bisa menjaga keseimbangan.

Baca juga: Bahaya Menggunakan Lampu Hazard pada Saat Hujan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/5/2021), Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana pun menjelaskan tips-tips menghadapi kondisi jalan licin bagi pengendara sepeda motor.

"Pengendara haruslah fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus menjelaskan.

Jalan Tentara Pelajar, Pejompongan, Jakarta Pusat membuat pengendara sepeda motor terjatuh akibat solar yang tumpah pada Minggu (24/6/2018)Dok. Polsek Tanah Abang, Jakarta Pusat Jalan Tentara Pelajar, Pejompongan, Jakarta Pusat membuat pengendara sepeda motor terjatuh akibat solar yang tumpah pada Minggu (24/6/2018)

Ia pun menyarankan untuk tidak menggunakan rem depan apalagi secara mendadak. Sebab penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

Baca juga: Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucapnya lebih lanjut.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.