Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Teknik Mengerem Motor yang Aman di Jalan Licin

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengendarai sepeda motor, dibutuhkan konsentrasi penuh dalam menjaga kendaraan roda dua ini tetap stabil berjalan. Bukan tidak mungkin sepeda motor dapat hilang keseimbangan karena beberapa faktor.

Salah satunya adalah ketika melewati jalanan yang licin. Jalan licin pun bisa disebabkan karena beberapa hal.

Selain genangan air atau jalanan berpasir, bisa juga akibat tumpahan minyak atau oli bekas kecelakaan.

Terkadang ditemukan pengendara motor jatuh terpeleset saat melewati kondisi jalan semacam itu.

Maka dari itu diperlukan teknik mengerem yang benar agar pengendara tetap bisa menjaga keseimbangan.

Saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/5/2021), Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana pun menjelaskan tips-tips menghadapi kondisi jalan licin bagi pengendara sepeda motor.

"Pengendara haruslah fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus menjelaskan.

Ia pun menyarankan untuk tidak menggunakan rem depan apalagi secara mendadak. Sebab penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucapnya lebih lanjut.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/30/174100715/simak-teknik-mengerem-motor-yang-aman-di-jalan-licin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke