Bulan Juni Harga Toyota Avanza Naik Rp 10 Juta

Kompas.com - 30/05/2021, 12:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor resmi berlaku sejak awal Maret lalu dan akan berakhir pada Mei 2021.

Sedangkan pada Juni nanti potongan harga akan berkurang seiring dengan berlakunya insentif PPnBM tahap dua hingga Agustus 2021 mendatang.

Pada tahap tersebut, pemerintah hanya menanggung 50 persen tarif PPnBM, sementara sisanya akan dibebankan kepada konsumen.

Baca juga: Kendaraan Listrik Ternyata Sudah Populer Sejak Era 1900-an

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, harga resmi akan dirilis akhir Mei 2021.

Termasuk untuk kenaikan harga mobil Avanza yang selama ini menjadi primadona di kelas LMPV.

“Harga dari TAM ke diler akan disampaikan di akhir bulan Mei ini. Namun untuk OTR akan ditentukan oleh diler,” ucap Anton kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Sementara itu, tenaga penjual Toyota di Jakarta Timur mengatakan akan ada penyesuaian harga mulai bulan depan untuk kategori mobil yang menerima diskon PPnBM.

“Juni ada kenaikan harga, mengikuti perubahan PPnBM jadi 50 persen. Estimasi kenaikan Rp 10 juta,” ujar tenaga penjual tersebut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/5/2021).

Hal serupa juga diungkapkan oleh salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat.

“Kenaikan harga Toyota Avanza belum keluar, kenaikan harganya sekitar Rp 8 jutaan sampai Rp 10 jutaan. Awal Juni nanti kita informasikan,” kata dia.

Baca juga: Pebalap Pertamina Mandalika Harus Kerja Keras di Moto2 Italia

Sebagai perkiraan, untuk Avanza paling murah dibanderol dengan harga Rp 187,6 juta, jika bulan depan naik Rp 10 juta berarti menjadi Rp 197,6 juta. Sedangkan untuk Veloz dari Rp 212,9 juta menjadi Rp 222,9 juta.

Harga tersebut masih perkiraan dan belum dapat dipastikan, sebelum akhirnya diler mengumumkannya secara langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.