Marquez Akui Sengaja Buntuti Vinales Saat Kualifikasi Demi Waktu

Kompas.com - 30/05/2021, 11:21 WIB
Maverick Vinales saat sesi kualifikasi pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP) TIZIANA FABIMaverick Vinales saat sesi kualifikasi pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tindakan Marc Marquez pada Maverick Vinales saat sesi kualifikasi Q1 di MotoGP Italia 2021 menjadi bahan pembicaraan banyak orang.

Sebagian berpendapat Marquez sudah melakukan kecurangan dengan membuntuti Vinales demi mendapatkan catatan waktu yang lebih baik.

Namun, sebagian lagi berpendapat bahwa tindakan tersebut sah-sah saja, karena tidak melanggar aturan.

Marquez sendiri mengatakan bahwa dirinya memang sengaja membuntuti Vinales. Sebab, itu menjadi salah satu strateginya untuk bisa meningkatkan catatan waktu.

Baca juga: Jadwal MotoGP Italia 2021, Yamaha Lawan Ducati Lagi

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah FP4, saya mengatakan pada tim, saya tidak merasakan motor ini, saya tidak merasakan apa-apa, kami perlu mengikuti seseorang," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Minggu (30/5/2021).

Maverick Vinales saat sesi kualifikasi pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)TIZIANA FABI Maverick Vinales saat sesi kualifikasi pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

Marquez menambahkan, dia dan timnya mengecek daftar dan melihat pebalap tercepat adalah Vinales. Jadi, dia memilih Vinales karena menjadi yang tercepat.

"Tapi, jika ada orang lain, kami akan memilih orang itu. Lalu, saya mengikutinya, itu adalah taktik, karena itu satu-satunya cara saya bisa meningkat," kata Marquez.

Baca juga: Yamaha Tuding Marquez Curang di Sesi Kualifikasi GP Italia

Meski demikian, Marquez memahami apa yang dirasakan oleh Vinales. Sebab, dirinya juga merasa kesal apabila diikuti oleh pebalap lain dan mencuri keuntungan.

"Untuk alasan itu, saya melihat Vinales setelah sesi itu dan kami membicarakannya, dan saya meminta maaf. Tapi, pada akhirnya, ini masih dalam aturan. Ada di batas, tapi berada di dalam aturan, dan apa yang saya lakukan adalah mencoba untuk menemukan situasi yang sempurna untuk tampil 100 persen dan meraih hasil sebaik mungkin," ujar Marquez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.