Biker Harus Tahu, Ini Pemicu Sepeda Motor Boros Bensin

Kompas.com - 28/05/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi berkendara atau riding. Dok. ShutterstockIlustrasi berkendara atau riding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki sepeda motor yang hemat bahan bakar pasti menjadi idaman setiap orang.

Namun bila konsumsi BBM tiba-tiba boros, pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi penyebab kondisi tersebut.

Salah satu yang kerap diabaikan adalah kondisi filter udara. Komponen ini cukup penting, lantaran fungsinya untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar sehingga tidak masuk ke ruang pembakaran.

Baca juga: Pemilik Skutik Wajib Melakukan Servis Berkala, Ini Alasannya

Dalam ruang pembakaran, udara yang bersih sangat diperlukan untuk menjaga proses pembakaran tetap optimal. Filter udara yang kotor bisa menyumbat dan mengganggu perfoma mesin sampai penggunaan bahan bakar yang boros.

“Hal ini disebabkan oleh campuran udara dan bahan bakar yang tidak ideal, sehingga udara yang masuk lebih sedikit,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, Kamis (27/5/2021).

Filter udara pada sepeda motorIstimewa Filter udara pada sepeda motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kondisi itu terjadi, maka beban tenaga di ruang bakar akan terhambat. Ini yang menyebabkan harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan keadaan normal.

Selain itu, ada risiko lainnya yang akan timbul seperti tarikan mesin menjadi berat. Ini bisa terjadi lantaran menyusut atau berkurangnya pasokan udara yang diperlukan.

Baca juga: Bukan Baper, Keselamatan yang Paling Utama di Jalan Raya

Untuk itu, Ribut menyarankan agar pemilik kendaraan merawat filter udara agar mampu menghasilkan perfoma yang baik.

“Jangan sampai dirugikan, karena bahan bakar menjadi boros atau bahkan dapat menimbulkan efek domino seperti ruang bakar dan mesin bermasalah,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.