Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Boks Motor biar Tetap Aman dan Nyaman di Jalan

Kompas.com - 28/05/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pengendara sepeda motor yang mengaplikasikan boks pada kendaraannya. Aksesori tambahan ini memang dinilai sangat fungsional untuk membawa dan menyimpan barang.

Dengan menggunakan boks motor, berkendara jadi lebih leluasa. Sebab, tidak ada barang yang digantung di depan atau diikat di belakang.

Sayangnya, masih cukup banyak pengendara yang tidak memikirkan faktor keamanan saat memasang boks tersebut.

Baca juga: Perhatikan Dulu Aturan Mainnya Sebelum Pasang Boks Motor

Asep Wawan Tamy Pratama, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama dari cara pemasangannya.

"Bobot isi pada boks disarankan maksimal sama dengan berat seorang penumpang setelah boks dipasang," ujar Asep kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

boks motorbelipart.com boks motor

Asep mengatakan, lebar boks juga tidak boleh melebihi ujung setang. Selain itu, tinggi boks tidak melebihi punggung pengemudi.

"Pastikan besi penopang boks atau bracket terpasang kuat dan ujung belakang boks tidak melebihi ujung sepatbor belakang," kata Asep.

Sebaiknya, lakukan penyetelan ulang pada bagian komstir agar tidak goyang atau getar. Sebab, dengan penambahan beban pada bagian belakang, dikhawatirkan dapat memengaruhi bagian tersebut.

Baca juga: Pasang Boks Motor Tanpa Teknik Berkendara, Berakibat Fatal

"Pemasangan boks pada motor butuh pengendalian yang ekstrahati-hati. Sebab, bobot motor cenderung berat ke belakang dan pergerakan setang kemudi akan lebih lincah," ujar Asep.

Asep menyarankan, jangan lupa untuk memilih boks motor yang sesuai dengan kapasitas mesin motor. Jangan terlalu membebani, serta memiliki kualitas dan standar keamanan yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com