Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Mobil JDM Paling Buas yang Pernah Diproduksi

Kompas.com - 28/05/2021, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para teknisi dan pabrikan mobil, selalu menantang dirinya untuk bisa membuat terobosan. Salah satunya adalah dengan membuat mobil terkencang yang pernah ada.

Mobil yang paling populer mungkin Nissan Skyline, yang dibekali mesin 6-silinder turbocharged. Tak jarang pabrikan Jepang bisa bersaing dengan supercar buatan Amerika atau Eropa.

Sayangnya, tidak sedikit mobil-mobil buas ini hanya dipasarkan khusus untuk domestik Jepang, atau istilahnya Japan Domestic Market, juga dikenal dengan singkatan JDM.

Berikut ini 10 mobil pabrikan Jepang terkencang yang pernah ada, dikutip dari Hotcars.com, Kamis (27/5/2021):

Baca juga: F8 Spider, Supercar Atap Terbuka Khusus Fanatik Ferrari

10. Lexus RC F Track Edition

Lexus RC F Track EditionHotcars.com Lexus RC F Track Edition

Lexus RC F hadir juga dengan pilihan Track Edition. Ubahan paling signifikan adalah bodinya yang aerodinamis. Selain itu, sasis dan transmisinya juga membuat mobil ini semakin baik akselerasinya.

Mobil ini dibekali mesin V8 5-liter yang mampu hasilkan tenaga hingga 472 tk. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 4 detik.

9. Nissan R390

Nissan R390Hotcars.com Nissan R390

Mobil homologasi memberikan kesempatan pada para pencinta otomotif untuk memiliki kepingan sejarah dari dunia balap. R390 adalah mobil prototype untuk balap Group C yang dikembangkan oleh pabrikan untuk penggunaan di jalan.

Nissan menghadirkan versi yang tidak terlalu kencang, meskipun menggunakan mesin yang sama juga untuk balap. Mesin ini mampu hasilkan tenaga hingga 550 tk. Mesin tersebut membuat R390 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik.

Sayangnya, Nissan hanya membuat satu mobil untuk tujuan pengembangan. Mobil ini berakhir dengan disimpan di gudang atau dipajang untuk pameran.

Nissan menawarkan untuk membuatkan mobil yang sama apabila ada konsumen yang berminat dengan banderol 1 juta dolar atau sekitar Rp 14,2 miliar. Tapi, sampai sekarang Nissan belum menerima adanya pesanan yang masuk.

Baca juga: Ngeri, Gudang yang Isinya Puluhan Supercar Ludes Terbakar

8. Toyota GR Supra

Toyota GR SupraHotcars.com Toyota GR Supra

Toyota kembali menghadirkan Supra, salah satunya karena performanya. Untuk generasi terbaru, Supra dibekali mesin BMW B58 yang memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik.

Untuk model GR Supra 2021, tenaga yang dihasilkan diklaim lebih luar biasa lagi. Mobil ini akan memiliki tenaga maksimum mencapai 382 tk dari mesin 3-silinder tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com