Ini Ukuran Maksimal Ban untuk Xenia Tanpa Ganti Pelek Standar

Kompas.com - 26/05/2021, 15:09 WIB
Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

SOLO, KOMPAS.com - Daihatsu Xenia sudah lama mengaspal di Indonesia bersama Toyota Avanza sejak 2004 silam. Pada segmen mobil low multi purpose vehicle (LMPV), Xenia kerap jadi salah satu pilihan utama.

Pada kaki-kakinya, Xenia dilengkapi dengan ban berukuran 185/70 dan pelek 14 inci. Terhitung standar di kelasnya.

Bagi sebagian pemilik Xenia, ukuran tersebut dirasa kurang gagah sehingga beberapa orang ingin menggantinya dengan ban berukuran lebih besar.

Umumnya, penggantian ukuran ban dibarengi dengan penggantian ukuran pelek agar tetap seimbang. Namun, bisakah mengganti ukuran ban pada Xenia dengan tetap mempertahankan pelek aslinya?

Baca juga: Muncul Gambar Render Calon Avanza Baru, Jadi Mirip Rush

Mika selaku Manajer Cabang Mari Ban di Nusukan, Solo menjelaskan bahwa pelek 14 inci pada Xenia masih bisa dipasangi ban yang memiliki ukuran lebih besar.

"Untuk Xenia ban standar ukuran 185/70 R14 bisa dinaikkan jadi 185/80 R14," kata Mika saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Daihatsu Xenia 1.500 cc Daihatsu Xenia 1.500 cc

Ukuran tersebut jadi batas maksimal untuk Xenia jika masih ingin mempertahankan pelek bawaan pabrikan. Mika menuturkan, jika memaksa mengganti ban dengan ukuran lebih besar dari 185/80 R14 akan berisiko ban bergesekan dengan fender.

"Jika ban terlalu besar, saat mobil diisi beban posisinya akan lebih rendah sehingga ban berisiko bergesekan dengan fender," katanya menambahkan.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan

Penggantian ukuran ban memang harus memperhitungkan bagian kaki-kaki mobil agar ban tidak bergesekan atau terbentur dengan komponen lain.

Lebih lanjut Mika mengatakan bahwa Xenia masih bisa 'naik tingkat' dengan memasang ban yang lebih lebar berukuran 205/65. Namun risikonya posisi ban akan keluar dari sisi mobil.

Alhasil ada kenyamanan yang harus dikorbankan pengemudi, yaitu setir jadi terasa lebih berat saat akan dibelokkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.