Produksi Daihatsu Rocky Belum Terpengaruh Krisis Cip Semikonduktor

Kompas.com - 25/05/2021, 17:37 WIB
Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky ADS

KARAWANG, KOMPAS.com - Industri otomotif kini tengah dibayangi krisis cip semikonduktor. Tak hanya mengganggu rantai pasok global, kondisi ini juga lambat laun mulai dirasakan sektor otomotif di Indonesia, terutama yang memiliki pabrik perakitan.

Salah satu gejala konkret yang terjadi, yakni mulai muncul jurang pemisah waktu antara pemesanan dan pengiriman beberapa merek kendaraan. Salah satunya, Daihatsu Rocky yang daftar tunggu alias indennya mencapai dua bulan.

Apalagi untuk Rocky varian tertinggi yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern, konsumen harus sedikit menunggu lebih lama dari tipe biasa.

Baca juga: Mitsubishi, Nissan, dan Suzuki Mulai Setop Pabrik karena Krisis Cip

Apabila mobil dibekali dengan segudang fitur modern seperti itu, maka sudah pasti menggunakan cip semikonduktor. Lantas, apakah krisis ini berpengaruh terhadap proses perakitannya?

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, krisis ini terjadi secara global dikarenakan oleh beberapa faktor. 

Menurut dia, masalahnya karena permintaan di industri gadget selama pandemi Covid-19 meningkat 3 kali lipat, sementara industri otomotif menurun.

Namun, seiring waktu, dunia otomotif berangsur membaik sehingga pabrik cip tersebut kewalahan menerima perimtaan.

Rocky 1.0 R TC CVT ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Rocky 1.0 R TC CVT ADS

"Saya bisa katakan, tidak semua tipe mengalami kesulitan cip semikonduktor. Sampai hari ini, pabrik ADM masih beroperasi secara normal," ucap Amel di Karawang, Selasa (25/5/2021).

Meski begitu, Amel melanjutkan Daihatsu akan tetap mengamati tipe atau model tertentu yang berpotensi mengalami masalah tersebut.

"Sampai hari ini, hanya bisa mengatakan masih memproduksi secara normal, termasuk untuk Rocky dan juga model yang lainnya," ujar Amel.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X