Cara Menghindari Rem Blong Saat Mau Bayar di Gerbang Tol

Kompas.com - 24/05/2021, 11:42 WIB
Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali. Dok. Astra Tol Cipali.Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi melewati jalan tol tentu akan bertemu dengan beberapa gerbang tol. Fungsi dari gerbang tol ini sebagai tempat untuk membayar tarif tol saat mau menggunakan jalan bebas hambatan tersebut.

Gerbang tol juga terdiri dari beberapa pintu, bahkan ada yang khusus kendaraan kecil maupun besar. Namun karena fungsi gerbang yang cukup sederhana, beberapa orang ada yang kerap menyepelekannya dengan memindahkan gigi transmisi ke posisi netral saat mau berhenti untuk membayar tol.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, banyak orang yang menetralkan gigi transmisi, ketika hendak masuk gerbang tol karena capek dan buru-buru.

Baca juga: Capirossi Sidak Sirkuit Mandalika, Saya Suka Sirkuit Ini

Kondisi lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali.Dok. Astra Tol Cipali. Kondisi lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali.

"Kalau free wheel pasti pengemudi mengandalkan rem kaki 100 persen, kalau sepatu remnya panas, bisa rem blong," kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu bisa juga pengemudi salah atau terlambat injak rem sehingga rem mendadak atau bahkan menabrak ke arah barrier atau tembok. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengemudi saat mau masuk gerbang tol.

"Pertama, dari jarak 100 meter kurangi kecepatan dengan mengangkat kaki dari pedal gas. Manfaatkan engine brake agar perlambatannya mulus dan kerja sepatu rem tidak berat," kata Sony.

Baca juga: Sederet Merek Sepeda Motor yang Hengkang dari Indonesia

Kedua, turunkan gigi secara bertahap serta dibantu dengan menginjak rem dengan halus. Terakhir, ketika kendaraan akan berhenti, injak rem dan kopling untuk mengurangi kecepatannya.

Sony mengatakan, dengan melakukan tips ini, setidaknya pengemudi bisa mengetahui kondisi rem dari kendaraannya. Jika memang blong, bisa tarik rem tangan untuk mengurangi momentum kendaraan, selain itu nyalakan hazard dan klakson untuk memberi tahu kendaraan yang ada di depan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.