Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Pilihan PO Bus dengan Layanan Suites Class di Pulau Jawa

Kompas.com - 24/05/2021, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Persaingan Perusahaan Otobus (PO) di Pulau Jawa bisa dibilang semakin sengit. Setiap PO bus terus bersaing memberi pelayanan yang maksimal kepada penumpangnya.

Salah satu kelas pelayanan yang paling nyaman di PO bus saat ini adalah suites class. Bus dengan layanan suites class biasanya melayani penumpang lebih sedikit, sekitar 21-22 orang saja yang bisa naik dalam satu bus.

Jumlah penumpang yang sedikit ini dikarenakan bangku yang digunakan adalah model sleeper. Bangku ini memiliki leg rest yang panjang serta sandaran yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Baca juga: Kenali Arti Garis Warna-warni pada Ban Baru

Kabin Suites Class PO SahaalahDOK. LAKSANABUS Kabin Suites Class PO Sahaalah

Bangkunya yang panjang membuat kabin bus hanya diisi sedikit penumpang. Selain itu, susunan bangkunya juga menumpuk, dan setiap penumpang terpisah satu sama lain, memberi kesan eksklusif dan mewah.

Untuk PO pertama yang memiliki kelas layanan suites class ini adalah PO Sinar Jaya. Sinar Jaya bisa dibilang menjadi pionir suites class, menjadi yang pertama dengan menggunakan bodi buatan karoseri Laksana, yaitu Legacy SR2 Suites Class.

Selain itu, PO Sinar Jaya baru-baru ini menambah armada suites classnya dengan merilis enam unit dari karoseri Laksana. Tidak berselang lama, PO Sinar Jaya juga membeli satu unit Jetbus 3+ SHD Dream Coach buatan karoseri Adiputro.

Baca juga: 4 Motor Yamaha yang Punya Nafas Pendek di Indonesia

Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Dream Coachinstagram/adiputro_official Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Dream Coach

PO kedua yang memiliki layanan suites class di Pulau Jawa adalah New Shantika. PO New Shantika memiliki dua model suites class yang dibuat oleh karoseri yang berbeda, pertama ada buatan Laksana dan satu lagi buatan Adiputro.

Armada New Shantika dengan bodi buatan Adiputro ini baru saja dirilis belum lama ini. Ada dua unit bus PO New Shantika yang tergabung dalam Barxolid Team yang menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD Dream Coach.

Ketiga, ada PO Sahaalah yang sebelumnya tergabung dengan New Shantika. Kali ini, PO Sahaalah menambah dua armada dengan kelas layanan suites class yang dibuat oleh karoseri Laksana.

Baca juga: Jalur Sepeda di JLNT Casablanca, Ini Kata Pengamat Transportasi

Bus suites class dan social distancinginstagram/indotrans_ Bus suites class dan social distancing

Keempat, ada PO Handoyo yang juga memakai bodi buatan karoseri Laksana untuk unit suites classnya. Namun, berbeda dengan PO lainnya, sistem hiburan seperti Audio Video On Demand tidak dihadirkan pada armada tujuan Yogyakarta.

Terakhir ada PO Tami Jaya dengan trayek Yogyakarta – Denpasar. Sama dengan kebanyakan PO lain, PO Tami Jaya menggunakan bodi besutan karoseri Laksana, yaitu Legacy SR2 Suite Class.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com