Bengkel Custom Sulit jika Hanya Mengandalkan Modifikasi

Kompas.com - 24/05/2021, 10:22 WIB
Vespa Sprint Listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.com/DonnyVespa Sprint Listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini workshop asal Jakarta, Elders Garage, meluncurkan paket konversi untuk Vespa 2-tak atau Vespa tahun tua menjadi berdaya listrik.

Konversi kit itu dijual untuk umum. Diharapkan dapat memudahkan pemilik Vespa tahun tua mengubah motornya memakai teknologi terbaru tanpa kehilangan esensi motor asli.

Baca juga: Terjadi Lagi, Wheelie Sambil Boncengan Berujung Cium Aspal

Heret Frasthio dari Elders Garage mengatakan, pihaknya tertarik membuat konversi kit untuk menjemput tren yang mulai mengarah ke kendaraan listrik.

Vespa Sprint listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.com/Donny Vespa Sprint listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021

"Beberapa kali sebetulnya produk yang keluar dari Elders Garage itu untuk bisa direplikasi secara mudah (dibuat massal), karena itu dulu kita bikin frame Chopperland," kata Heret kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Heret, saat ini Elders Garage dikenal sebagai bengkel custom, tetapi untuk hidup dan berkembang sulit jika hanya mengandalkan modifikasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang bikin ini jadi sebetulnya kita mencari celah untuk survive, karena tidak mungkin garage itu bisa hidup dengan mengandalkan modifikasi saja," katanya.

Baca juga: Terjadi Lagi, Wheelie Sambil Boncengan Berujung Cium Aspal

Presiden Joko Widodo menerima rombongan dari Elders Garage dan menerima motor chopper yang dibelinya, di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2018). Joko Widodo, membeli sepeda motor modifikasi Chopperland yang telah ditaksir sejak pertama dilihatnya pada perayaan sumpah pemuda 28 Oktober 2017 lalu.BIRO PERS SETPRES / RUSMAN Presiden Joko Widodo menerima rombongan dari Elders Garage dan menerima motor chopper yang dibelinya, di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2018). Joko Widodo, membeli sepeda motor modifikasi Chopperland yang telah ditaksir sejak pertama dilihatnya pada perayaan sumpah pemuda 28 Oktober 2017 lalu.

"Karena ada timing ada idealisme yang akhirnya kadang tidak bisa berbarengan secara bisnisnya sendiri. Jadi memang sebenarnya langkah yang kita ambil ini terimpit situasi juga," katanya.

Pelatihan

Ke depan, kata Heret, pihaknya juga berencana untuk membuat pelatihan konversi kit motor listrik. Materinya mencakup proses pembentukan lengan ayun hingga proses perakitan konversi kit.

"Secara sekarang Elders bengkelnya di Smesco, kita ada agenda mau bikin pelatihan. Kebetulan Smesco ini balai pelatihan, jadi salah satu proyek ini salah satunya akan jadi materi pelatihan," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X