Elders Garage Rilis Konversi Kit Vespa Jadul Jadi Listrik

Kompas.com - 20/05/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat tren motor listrik akan menggeliat. Pemerintah juga sudah mengeluarkan aturan yang membolehkan konversi motor konvensional ke listrik.

Eldres Garage menangkap momen tersebut. Workshop asal Jakarta itu kini melansir Elettrico Kit yaitu konversi kit untuk Vespa 2-tak jika ingin mengubah jadi Vespa berdaya listrik.

Baca juga: SYM Jet X 150, Penantang Nmax dari Taiwan

Salah satu Vespa listrik hasil konversi tersebut ialah Vespa Sprint 1967 yang ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show Hybrid 2021 lalu.

Vespa Sprint Listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.com/Donny Vespa Sprint Listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021

Heret Frasthio dari Elders Garage mengatakan, dengan adanya Elettrico Kit akan memudahkan pemilik Vespa tua mengubah motornya tanpa kehilangan esensi motor asli.

"Sebenarnya kita lihat di Eropa sudah ada brand yang jual itu, dan di Eropa harganya cukup mahal sebab customer kita juga sempat ada yang beli sampai Rp 60 juta," kata Heret yang dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Heret mengatakan konversi kit ini tinggal pasang alias plug and play. Ada beberapa spesifikasi yang ditawarkan, harganya berkisar dari Rp 17 juta - Rp 25 jutaan.

"Untuk sekarang yang paling mahal itu masih di baterai. Spesifikasi (konversi kit) kita yang paling tinggi Rp 25 juta dengan baterai Tesla. Itu kita rakit sendiri," kata Heret.

Baca juga: Triumph Edisi Steve McQueen, Cuma 1.000 Unit

Vespa Sprint listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.com/Donny Vespa Sprint listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021

"Banyak orang dapatkan (baterai) seperti brand motor China mereka punya baterai sendiri. Kalau kita pakai lithium. (Baterai) brand Tesla ini kita perkirakan bisa dipakai sampai enam tahun," katanya.

Saat ini konversi kit yang ditawarkan masih untuk jenis Vespa besar semisal Sprint, Super, VBB, Excel dan PX. Tapi ke depan akan dikembangkan juga untuk jenis rangka kecil.

"Vespa tua untuk Sprint, VBB, jenis large frame sudah pasti bisa. Sedangkan yang small frame seperti PTS sebetulnya kita tinggal produksi dan bisa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.