Sistem Satu Arah Mulai Diberlakukan di Pulogebang, Berikut Rekayasanya

Kompas.com - 19/05/2021, 09:02 WIB
Uji coba tahap pertama flyover atau jalan layang Cakung dimulai pada hari ini, Senin (19/4/2021). ANTARA/YOGI RACHMANUji coba tahap pertama flyover atau jalan layang Cakung dimulai pada hari ini, Senin (19/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Jakarta Timur mulai kembali memberlakukan sistem satu arah (SSA) di beberapa wilayah Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021).

Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung pengoperasian Fly Over di Cakung secara permanen. Sehingga, rute dari Bekasi menuju Jakarta serta sebaliknya akan sedikit mengalami perubahan sementara.

"Lebih jauh, SSA meliputi Jalan Layang Sentra Primer, terus ke arah Pulogebang di Jalan Cakung Cilincing Timur, ke Stasiun Cakung," kata Kepala Suku Dinas Perhubungam Jakarta Timur Benhard Hutajulu, Selasa.

Baca juga: Berikut Proses Klaim Asuransi Kecelakaan ke Jasa Raharja

Pembangunan fisik flyover atau jalan layang Cakung, Jakarta Timur sudah rampung. INSTAGRAM.com/SUDINHUB_JAKTIM Pembangunan fisik flyover atau jalan layang Cakung, Jakarta Timur sudah rampung.

"Lantas, ke kanan menuju Cakung Cilincing Barat dan kemudian ketemu Jalan Layang Cakung yang baru," lanjutnya.

Sementara dari Jakarta menuju Bekasi melalui Jalan I Gusti Ngurah Rai naik ke arah Fly Over Cakung, Belok ke kiri arah Cakung Cilincing Barat, Putar Balik Kupingan Flyover Sentra Primer, Lalu menuju Jalan Raya Pulogebang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Benhard mengimbau pengendara yang hendak menuju Buaran dari arah Stasiun Cakung untuk belok kiri menggunakan Jalan Layang Cakung yang baru.

"Kalau mau ke arah Kantor Wali Kota (Jakarta Timur), bisa terus sejajar tol ke kiri masuk ke Jalan Sumarmo atau kalau mau ke Bekasi, ada putaran ke kanan yang selama ini kita tutup, sekarang dibuka karena sudah satu arah dari Sumarmo, arah barat ke timur," ujar dia.

Baca juga: Masa Larangan Mudik, 7.396 Kendaraan Diperiksa di Pos Penyekatan Solo

Demi kelancaran pengoperasian Flyover Cakung dan SSA, diimbau kepada seluruh pengguna jalan khususnya kendaraan bermotor yang akan melintasi jalur tersebut agar mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah ditentukan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba perdana flyover atau Jalan Layang Cakung pada Senin (19/4/2021) hingga Rabu (21/4/2021).

Jalan Layang sepanjang 1,5 kilometer itu menghubungkan Kecamatan Duren Sawit dan Kecamatan Cakung.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X