Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sistem Satu Arah Mulai Diberlakukan di Pulogebang, Berikut Rekayasanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Jakarta Timur mulai kembali memberlakukan sistem satu arah (SSA) di beberapa wilayah Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021).

Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung pengoperasian Fly Over di Cakung secara permanen. Sehingga, rute dari Bekasi menuju Jakarta serta sebaliknya akan sedikit mengalami perubahan sementara.

"Lebih jauh, SSA meliputi Jalan Layang Sentra Primer, terus ke arah Pulogebang di Jalan Cakung Cilincing Timur, ke Stasiun Cakung," kata Kepala Suku Dinas Perhubungam Jakarta Timur Benhard Hutajulu, Selasa.

"Lantas, ke kanan menuju Cakung Cilincing Barat dan kemudian ketemu Jalan Layang Cakung yang baru," lanjutnya.

Sementara dari Jakarta menuju Bekasi melalui Jalan I Gusti Ngurah Rai naik ke arah Fly Over Cakung, Belok ke kiri arah Cakung Cilincing Barat, Putar Balik Kupingan Flyover Sentra Primer, Lalu menuju Jalan Raya Pulogebang.

Benhard mengimbau pengendara yang hendak menuju Buaran dari arah Stasiun Cakung untuk belok kiri menggunakan Jalan Layang Cakung yang baru.

"Kalau mau ke arah Kantor Wali Kota (Jakarta Timur), bisa terus sejajar tol ke kiri masuk ke Jalan Sumarmo atau kalau mau ke Bekasi, ada putaran ke kanan yang selama ini kita tutup, sekarang dibuka karena sudah satu arah dari Sumarmo, arah barat ke timur," ujar dia.

Demi kelancaran pengoperasian Flyover Cakung dan SSA, diimbau kepada seluruh pengguna jalan khususnya kendaraan bermotor yang akan melintasi jalur tersebut agar mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah ditentukan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba perdana flyover atau Jalan Layang Cakung pada Senin (19/4/2021) hingga Rabu (21/4/2021).

Jalan Layang sepanjang 1,5 kilometer itu menghubungkan Kecamatan Duren Sawit dan Kecamatan Cakung.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/19/090200915/sistem-satu-arah-mulai-diberlakukan-di-pulogebang-berikut-rekayasanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke