Masuk Jakarta Akan Diperketat, Ingat Lagi 17 Cek Poin di Jabodetabek

Kompas.com - 15/05/2021, 13:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah berhasil menuju kampung halaman, para pemudik yang akan kembali ke Ibu Kota bakal dihadapkan dengan pemeriksaan ketat berupa random testing antigen untuk kendaraan pribadi.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mengatakan, random testing akan berlaku untuk sepeda motor dan mobil.

“Jadi wajib sebelum masuk ke Jakarta kita akan tes pakai antigen, sudah diusulkan juga di rest area sebelum pelabuhan,” ujar Budi, dalam tayangan Youtube BNPB Indonesia yang dilansir (15/5/2021).

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Petugas gabungan saat operasi penyekatan di Exit Tol Pejagan Brebes, Jawa Tengah, Selasa (11/5/2021) (Istimewa)Tresno Setiadi/kompas.com Petugas gabungan saat operasi penyekatan di Exit Tol Pejagan Brebes, Jawa Tengah, Selasa (11/5/2021) (Istimewa)

Budi juga menambahkan, semua masyarakat yang akan kembali ke Jakarta atau wilayah Jabodetabek saat arus balik, akan dilakukan pengetesan dengan rapid test antigen, bukan lagi GeNose.

Sebelumnya, dalam rangka Operasi Ketupat selama pandemi Covid-19, Polda Metro Jaya mendirikan sejumlah lokasi cek poin selama 6-17 Mei 2021.

“Kebijakan pemerintah atas larangan mudik itu sudah jelas, jadi kita bentuk 31 titik pos penyekatan dan pengamanan,” ucap Kombes Pol Yusri Yunus, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, saat dikonfirmasi (5/5/2021).

Cek poin ini didirikan untuk memastikan tidak ada celah bagi semua kendaraan yang melintas. Nantinya pengendara yang terjaring operasi dan tidak bsia menunjukkan syarat bepergian akan diputarbalikkan petugas.

Baca juga: Lagi, Pengendara Motor Masuk Tol dan Tak Pakai Helm

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi pengendara saat penyekatan larangan mudik lebaran di Gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). Pemerintah Jawa Barat telah menyiapkan 158 titik penyekatan yang didukung oleh petugas gabungan untuk menghalau masyarakat yang nekat mudik Idul fitri 1422 Hijriah meski tetap mengizinkan warga melakukan pergerakan antarkota penyangga selama masa larangan mudik atau dalam koridor aglomerasi.. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/hp.ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI Petugas gabungan melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi pengendara saat penyekatan larangan mudik lebaran di Gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). Pemerintah Jawa Barat telah menyiapkan 158 titik penyekatan yang didukung oleh petugas gabungan untuk menghalau masyarakat yang nekat mudik Idul fitri 1422 Hijriah meski tetap mengizinkan warga melakukan pergerakan antarkota penyangga selama masa larangan mudik atau dalam koridor aglomerasi.. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/hp.

Berikut rincian 31 titik pos pengamanan dan penyekatan di wilayah Jabodetabek:

17 lokasi Pos Cek Poin
1.Jakarta Barat: Kalideres dan Joglo
2. Jakarta Timur: Lampiri dan Panasonic
3. Jakarta Utara: Perintis Kemerdekaan
4. Jakarta Selatan, Pasar Jumat dan Budi Luhur
5. Bekasi Kota: Sumber Arta dan Harapan Indah
6. Kab. Bekasi: Kalimalang Tambun dan Cibarusa
7. Depok: Jl Raya Ciputat Bogor, Jl Raya Bogor, GT Brigif, GT Kukusan, TL Bojong Gede
8. Tangerang Kota: Kebon Nanas

14 Lokasi Pos Penyekatan
1. Bekasi Kota: GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur
2. Kab. Bekasi: Jati Waringin, Cibeet, GT Tambun, GT Cibitung, GT Cikarang Pusat, dan GT Cibatu
3. Tangerang Kota: Jati Uwung
4. Tangerang Selatan: GT Bitung dan Pos Bitung
5. Lain-lain: Penyekatan Cikarang Barat, Putaran GT Cikarang Barat, dan Cikupa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.