Cara Simpel Jaga Mood Tetap Positif Saat Mengemudi

Kompas.com - 15/05/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi mengemudi SHUTTERSTOCKIlustrasi mengemudi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalan di berbagai daerah setelah lebaran memang menjadi cukup ramai. Tidak jarang ketika mengemudi kerap bertemu pengguna jalan yang emosi dan kadang egois, merasa paling penting di jalanan.

Pengguna jalan seperti ini memang kadang membuat kesal, sikapnya yang arogan bisa membuat orang lain emosi. Namun, namanya berada di jalan, emosi sebaiknya diredam dan jangan sampai terbawa perasaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, agar bisa menjaga mood mengemudi tetap baik walaupun pengguna jalan bikin emosi, butuh kesadaran penuh tentang bahaya mengemudi.

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Ilustrasi macetchat9780 Ilustrasi macet

“Hal paling sulit saat mengemudi adalah tanggung jawabnya. Agar mengemudi bertanggung jawab, harus siapkan mental yang baik dan prima agar mood terjaga sebelum berkendara,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony mengatakan, kalau bisa sebelum mengemudi, emosi akibat masalah-masalah yang ada harus dihilangkan. Hal ini memang sulit, tapi jika sudah terbiasa, maka pengemudi jadi bisa menahan dan mengatur emosinya di jalanan.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kurang Tekanan Udara atau Kelebihan Udara?

“Saat mengemudi, mood itu dijaga dengan cara melibatkan toleransi, sopan santun, berbagi, mengalah dan lainnya. Pikirkan hal-hal baik dengan mendengarkan lagu yang bisa menjaga mood,” ucap Sony.

Kemudian, menjaga mood positif ketika mengemudi juga harus didukung dengan manajemen perjalanan yang benar. Dengan begitu, pengemudi bisa memperkirakan jalan menuju tujuan dan tidak tersesat maupun terjebak macet.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X