Tutup Pabrik, Produsen Otomotif di India Bersatu Tangani Covid-19

Kompas.com - 12/05/2021, 07:02 WIB
Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) merawat pasien positif Covid-19 di dalam ruang pertemuan yang sementara diubah menjadi pusat perawatan covid di New Delhi pada 28/4/2021. AFP PHOTO/PRAKASH SINGHPetugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) merawat pasien positif Covid-19 di dalam ruang pertemuan yang sementara diubah menjadi pusat perawatan covid di New Delhi pada 28/4/2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir April 2021, Honda dan beberapa pabrikan lainnya sudah memutuskan untuk menghentikan produksi di India. Belum lama ini, Yamaha juga akhirnya mengambil langkah yang sama.

Dikutip dari Rideapart.com, Rabu (12/5/2021), Yamaha menghentikan produksi di dua pabriknya di India. Alasannya adalah terjadinya krisis oksigen karena kasus Covid-19.

Baca juga: Krisis Oksigen karena Pandemi, Produsen Otomotif di India Tutup Pabrik

Penggunaan oksigen yang dibutuhkan dalam proses produksi diminta untuk dialihkan ke rumah sakit guna membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan.

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

Yamaha menutup pabriknya hingga akhir Mei 2021. Langkah ini diambil juga untuk menghindari penumpukan stok di diler. Sebab, banyak juga diler yang tidak beroperasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penutupan pabrik juga menjadi bentuk dukungan untuk mengatasi masalah Covid-19 di India. Hero MotoCorp dan Honda bahkan membangun rumah sakit sementara untuk menangani pasien yang kesulitan mendapat fasilitas kesehatan.

Baca juga: Tsunami Covid-19 di India, Bagaimana Nasib Impor Suzuki dan Kia

Suzuki turut memberikan dukungan dengan mendonasikan ambulans. Beberapa sudah digunakan dan sebagian lainnya diperkirakan akan tiba di rumah sakit pada pertengahan Mei.

Pada 11 Mei 2021, Kementerian Kesehatan di India mencatat ada 366,161 kasus baru Covid-19 dan 3.754 kematian dalam satu hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.