Krisis Oksigen karena Pandemi, Produsen Otomotif di India Tutup Pabrik

Kompas.com - 02/05/2021, 11:11 WIB
Ilustrasi: Industri perakitan otomotif nasional.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi: Industri perakitan otomotif nasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di India mengalami lonjakan yang luar biasa. Kondisi ini memaksa pabrikan otomotif di sana untuk menutup pabriknya sementara.

Dikutip dari Bikesrepublic.com, Minggu (2/5/2021), India mencatatkan rekor tertinggi pada 28 April 2021. Tercatat ada penambahan 360.960 kasus baru positf Covid-19 dan 3.293 kematian, dalam satu hari.

Baca juga: Tsunami Covid-19 di India, Bagaimana Nasib Impor Suzuki dan Kia

Kondisi ini membuat rumah sakit dan institusi kesehatan lainnya menghadapi keterbatasan oksigen yang luar biasa untuk merawat pasien Covid-19.

Suasana pabrik baru KTM di Filipina.paultan.org Suasana pabrik baru KTM di Filipina.

Dengan oksigen industri menjadi komponen utama dalam proses manufaktur, beberapa pabrikan mobil dan motor di India mengumumkan keputusannya untuk menutup pabriknya selama beberapa hari guna mengalihkan penggunaan oksigen cair untuk melawan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian Dalam Negeri di India juga sudah melarang penggunaan oksigen industri mulai 22 April 2021 untuk memastikan tidak ada pembatasan pergerakan oksigen medis.

Baca juga: Kasus Covid-19 di India Makin Parah, Produksi Motor KTM Terhambat

Pemain utama, seperti Honda India dan Bajaj Auto adalah beberapa pabrikan yang sudah mengumumkan akan menutup pabriknya sementara.

Di Indonesia, tak sedikit kendaraan yang didatangkan dari India, baik mobil atau motor. Kondisi ini tentu akan berdampak pada pengiriman atau ketersediaan barang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.