7 Pebalap yang Gagal di MotoGP dan Bersinar di WorldSBK

Kompas.com - 11/05/2021, 16:41 WIB
Tiga pebalap yang finish terdepan saat Race 1 World Superbike (WorldSBK) seri pertama di Sirkuit Philip Island, Australia, Sabtu (29/2/2020). Ketiganya adalah Toprak Razgatlioglu (biru, kiri), Alex Lowes (hijau, tengah) dan Scott Redding (merah, kanan). www.worldsbk.comTiga pebalap yang finish terdepan saat Race 1 World Superbike (WorldSBK) seri pertama di Sirkuit Philip Island, Australia, Sabtu (29/2/2020). Ketiganya adalah Toprak Razgatlioglu (biru, kiri), Alex Lowes (hijau, tengah) dan Scott Redding (merah, kanan).

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pebalap MotoGP yang kurang kompetitif banyak yang pindah ke World Superbike (WorldSBK). Tapi, justru beberapa pebalap tersebut malah menemukan tempatnya di sana.

Perbedaan antara kedua ajang balap tersebut adalah MotoGP menggunakan motor purwarupa dan WorldSBK menggunakan motor produksi massal.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Optimistis Gelar WorldSBK November 2021

Beberapa mantan pebalap MotoGP yang cukup sukses di WorldSBK, antara lain, Alvaro Bautista, Max Biaggi, Carlos Checa, Marco Melandri, Sylvain Guintoli, Nicky Hayden, dan Scott Redding.

1. Alvaro Bautista

Alvaro Bautista di WorldSBKVisordown.com Alvaro Bautista di WorldSBK

Alvaro Bautista sempat membuat heboh saat pindah ke WorldSBK. Pebalap asal Spanyol ini langsung meraih 11 kemenangan di musim pertamanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, hasil tersebut tidak membuatnya langsung jadi juara dunia. Bautista menjadi runner up WorldSBK 2019. Sejauh ini, dia sudah mengoleksi 16 kemenangan.

2. Max Biaggi

Max Biaggi di WorldSBKVisordown.com Max Biaggi di WorldSBK

Salah satu musuh bebuyutan Valentino Rossi pada zaman dulu, Max Biaggi bisa dikatakan lebih sukses di WorldSBK dibandingkan di MotoGP. Biaggi menjadi juara dunia WorldSBK 2010 dan 2012 dengan total 21 kemenangan selama dia berkompetisi di enam musim.

3. Carlos Checa

Carlos Checa di WorldSBKVisordown.com Carlos Checa di WorldSBK

Selama enam musim, Carlos Checa berhasil mengumpulkan 21 kemenangan. Checa akhirnya menjadi juara dunia WorldSBK 2011. Hampir seluruh kemenangannya diraih bersama Ducati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X