Aki Mobil Buatan Dalam Negeri, untuk LCGC Sampai Truk

Kompas.com - 09/04/2021, 18:31 WIB
Massiv XP Massiv XPMassiv XP

JAKARTA, KOMPAS.com - Cinta produk dalam negeri bukan sekadar slogan semata. Apalagi hal ini sejalan dengan keinginan Pemerintah Republik Indonesia yang menegaskan untuk mencintai produk dalam negeri.

Momen ini dimanfaatkan oleh Massiv XP untuk re-launching produk mereka untuk konsumen di Indonesia.

Lebih dari 80 persen kandungan lokal yang digunakan oleh Massiv XP. Riset dan Development (R&D) serta pabrikasi pun dilakukan di Tanah Air, tepatnya di kawasan industri Cakung Cilincing, Jakarta.

Baca juga: Harga Honda CR-V di Malang setelah Perluasan Diskon Pajak

Perjalanan Massiv XP di industri baterai di Tanah Air lebih dari dua dekade, hal ini membuktikan bahwa produk ini cukup diterima di masyarakat.

“Setelah dua dekade, Massiv XP melakukan lompatan teknologi untuk konsumen Indonesia. Sejurus dengan itu, Massiv XP merupakan produk kebanggaan anak negeri dan siap menjawab kebutuhan baterai untuk konsumen Tanah Air,” ujar Satriawan Agung Prabowo, Pilot Project Massiv XP di Fast Pancoran di Jakarta (09/04/2021).

Massiv XPMassiv XP Massiv XP

Sementara untuk positioning di pasar, Massiv XP bermain di kelas B dan C.

“Massiv XP mulai membidik pasar mulai dari mobil LCGC hingga truk. Baterai konvesional ini diharapkan menjadi pilihan bagi kendaraan komersial yang membutuhkan performa kuat dengan harga kompetitif,” ucap Eron Edwin Lumban Radja, Marketing Manager PT Wacana Prima Sentosa.

Peluncuran kembali Massiv XP ini memiliki beberapa pembaharuan dan pengembangan. Paling kentara, terlihat pada pull atau terminal pada bodi baterai (aki).

Para teknisi pabrik, mendesain anyar bagian ini lebih bertenaga dan efesien. Bagian Pull atau terminalnya di-improvement (forged terminal).

Baca juga: Xpander Warna dan Varian Ini Langka, Konsumen Harus Tunggu Sampai Juni

Bila sebelumnya, bagian terminalnya agak kasar permukaan, maka kini lebih halus. Strukturnya lebih padat dan rapat, sehingga teknologi forged terminal ini mampu meningkatkan ketahanan hingga temperature 300 derajat Celcius.

Tidak hanya itu, desain improve profile thread pada bagian dalam terminal juga berfungsi untuk menghilangkan potensi kebocoran (crack) pada terminal. Hal ini tentu diharapkan agar perfomanya dapat meningkat.

“Dengan fitur baru ini, arus listrik pun minim hambatan. Dampaknya arus listrik menjadi lebih lancer dan performanya menjadi stabil. Performa Massiv XP baru lebih dari 10% dibanding dengan sebelumnya,” ucap Gde Oka Yunihartawan, Technical Division Head PT Trimitra Baterai Prakarsa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X