Hari Ketiga Larangan Mudik, 70.000 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Kompas.com - 09/05/2021, 03:01 WIB
Petugas gabungan saat meminta kendaraan berplat luae kota untuk putar balik karena tidak memenuhi persyaratan untuk masuk Kota Malang terkait larangan mudik di Pintu Tol Malang, Jumat (7/5/2021) KOMPAS.COM/ANDI HARTIKPetugas gabungan saat meminta kendaraan berplat luae kota untuk putar balik karena tidak memenuhi persyaratan untuk masuk Kota Malang terkait larangan mudik di Pintu Tol Malang, Jumat (7/5/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi melarang mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021. Tujuannya untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 melihat fenomena yang sampai ini masih terus berlanjut.

Memasuki hari ketiga diberlakukannya larangan tersebut, Korlantas Polri telah memutarbalikan setidaknya kurang lebih 70.000 kendaraan yang hendak melakukan aktivitas mudik.

Terkait hal ini, Korlantas Polri terus memastikan pengamanan pelaksanaan operasi kemanusiaan ‘Ketupat 2021’ dan pemberlakuan penyekatan kendaraan mudik Ramadan 2021 berjalan sesuai yang diharapkan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga: Bahas Kabin Toyota Innova Langka yang Cuma 50 Unit di Dunia

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono, kembali mengecek titik penyekatan di KM 31 Gerbang Tol Cikarang Barat, Sabtu (8/5/2021).

“Saya sampaikan bahwa sampai saat ini jumlah arus kendaraan yang menuju Jawa ini mengalami penurunan sebanyak 73 persen. Kemudian yang menuju Bandung, Jawa Barat turun sampai 78,3 persen. Kemudian yang menuju Sumatera turun sampai 43,3 persen,” kata Istiono dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/5/2021).

Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021Dok. PT Jasamarga Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lanjutnya, Kakorlantas menyampaikan jumlah kendaraan di hari ketiga Operasi Ketupat ini masih didominasi oleh kendaraan angkutan logistik atau angkutan barang.

Sementara untuk kendaraan yang terpaksa diputarbalikkan karena tidak memenuhi persyaratan melakukan perjalanan mudik sesuai yang telah diatur.

“Putar balik kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan mudik hari ini sebanyak 10.869 kendaraan. Sementara untuk total selama tiga hari ini sebanyak kurang lebih 70.000 yang sudah kita putar balikkan.” ucap Istiono.

Baca juga: Pilihan Pikap Bekas untuk Usaha di Wilayah Jawa Tengah

Kakorlantas menegaskan, dihari ketiga pelaksanaan operasi ketupat 2021 secara nasional untuk situasi keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) semuanya ini berjalan dengan aman lancar.

Secara bersamaan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, bersama jajarannya dengan menggunakan motor patroli patwal turut datang melakukan pantauan di Posko Penyekatan Larangan Mudik Lebaran 2021, Cikarang Barat.

“Kita semua harus berpartisipasi bersama-sama untuk menahan diri agar pandemi covid-19 ini bisa cepat selesai.” ucap Kapolda Metro saat ditemui bersama Kakorlantas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X