Mengapa Baze Tidak Buat Motorhome dengan Mobil yang Lebih Kecil?

Kompas.com - 07/05/2021, 18:01 WIB
interior motorhome karoseri Kompas.com/Fathan Radityasaniinterior motorhome karoseri

 

BOGOR, KOMPAS.comPT Bahana Selaras (Baze) sejak tahun 2018 sudah membuat modifikasi motorhome dengan basis Toyota HiAce. Motorhome ini dibuat agar pemiliknya bisa istirahat dengan nyaman walaupun sedang piknik di alam terbuka.

Selain Baze, komunitas motorhome dan campervan di Indonesia sebenarnya sudah banyak. Bahkan mereka ada yang menggunakan basis kendaraan yang lebih kecil seperti Daihatsu Gran Max atau sejenisnya.

Lalu apakah Baze berminat untuk turut membuat motorhome dengan basis kendaraan yang lebih kecil dan ekonomis seperti Gran Max, Suzuki APV, maupun sejenisnya?

Baca juga: Kurang Kompetitif, Marquez Beberkan Kelemahan Honda RC213V 2021

Majalengka Campervan Tourdok. Majalengka Campervan Majalengka Campervan Tour

Bari Setiadi, pemilik dari Baze mengatakan, motorhome dengan basis kendaraan yang lebih kecil memang menarik. Bisa menjadi sebuah kepuasan tersendiri jika membuat motorhome dengan basis kendaraan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau sekelas APV atau Gran Max biasanya mereka buat sendiri motorhome-nya. Jadi buat melawan itu, secara harga nilainya berat untuk bersaing,” ucap Bari kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Harga Tiket PO Sudiro Tungga Jaya Naik Usai Lebaran

Bari juga mengatakan, belakangan ini muncul modifikator yang fokus membuat motorhome. Namun kembali lagi, biasanya basisnya dari isuzu Elf atau sejenisnya, bukan kendaraan yang lebih kecil.

“Kalau kelas yang mobil besar-besar itu mungkin mereka yang modifikasi sendiri mobilnya jadi motorhome sudah berat. Jadi mereka menyerahkan ke tenaga profesional,” kata Bari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X