Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Pria Lebih Mudah Lulus Ujian SIM Dibanding Wanita?

Kompas.com - 07/05/2021, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu syarat yang harus dimiliki seorang pengemudi ketika berkendara di jalan raya adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Batas seseorang bisa memiliki SIM baru bisa terwujud pada saat usianya 17 tahun, persyaratan tersebut sudah tertera dengan jelas dalam Undang-undang dan berlaku untuk pria maupun wanita.

Ada sebuah studi menjelaskan, seorang pria lebih pandai dalam urusan mengemudi. Lantas, apakah hal itu membuat pria lebih menjadi lebih mudah lulus tes untuk mendapatkan SIM?

Baca juga: UD Trucks Sambut Aturan Pemerintah Soal Bahan Bakar B30 dan Standar Euro 4

Dilansir dari Autoevolution, hasil studi Car Parts 4 Less menunjukkan bahwa pria tiga kali lebih mungkin lulus tes mengemudi pada percobaan pertama ketimbang wanita.

Dalam survei tersebut melibatkan 1.500 pengemudi di Inggris, 52 persen pengemudi pria lulus tes praktik pada percobaan pertama. Sementara pengemudi wanita, hanya mencapai 39 persen.

Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver.https://putonthebrakes.files.wordpress.com/ Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver.

Tidak hanya itu, hampir 64 persen pengemudi pria lulus ujian teori saat percobaan pertama, sedangkan wanita hanya 54 persen.

Sementara jika dilihat dari pelatihan mengemudi, pria hanya butuh waktu 16 sampai 20 jam saja untuk bisa berekendara. Sementara wanita butuh waktu hingga 41 jam untuk bisa mengemudikan mobil.

Baca juga: Ubah Interior Mini Van Premium Jadi Makin Mewah

Namun, jika dilihat dari kasus kecelakaan di Inggris, hasilnya akan berbanding terbalik. Pengemudi pria diketahui empat kali lebih mungkin melanggar hukum dengan satu atau cara lain saat sedang mengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com