Kompas.com - 05/05/2021, 16:01 WIB
Merawat sunroof Foto: PeugeotMerawat sunroof
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Musim pancaroba kadang panas kadang hujan. Dalam situasi seperti ini pemilik mobil yang memiliki sunroof harus ekstra perhatian.

Pada dasarnya sunroof bebas perawatan. Tapi tetap perlu perawatan agar penampilan dan kondisinya terjaga, guna memperpanjang usia pakai dan mencegah kebocoran.

Samsudin dari National Technical Advisor Astra Peugeot, mengatakan, pemilik mobil dapat melakukan perawatan sendiri saat di rumah.

Baca juga: Mudik Dilarang, Arus Lalu Lintas Keluar Jabotabek Bakal Tetap Ramai

Sunroof PanoramicFoto: Peugeot Sunroof Panoramic

"Karena perlakuan perawatan kurang tepat, kadang dapat mengganggu fungsi sunroof. Seperti karet menjadi keras, kurang rapat dalam menutup, adanya kebocoran hingga timbul jamur pada kaca,” katanya dalam rilis resmi, Rabu (5/5/2021).

Samsudin mengatakan, cara merawat sunroof termasuk sunroof Panoramic tidak jauh beda dengan merawat kaca pada mobil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal yang perlu diperhatikan ialah sebisa mungkin hindari parkir di tempat yang terkena matahari langsung terus menerus.

"Selain itu, juga hindari bekas endapan sisa air hujan atau sisa air setelah mencuci mobil," kata Samsudin.

Baca juga: Pol Espargaro Kecewa dengan Strategi Honda di MotoGP

Sunroof PanoramicFoto: Peugeot Sunroof Panoramic

Jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari ditambah tetesan air hujan, embun, hingga kotoran burung, biasanya sunroof dan panoramic sunroof akan kusam dan timbul jamur.

Untuk itu, setelah cuci mobil pastikan bagian atap kaca dilap sampai benar-benar kering. Jika ada sisa- sisa air atau sabun di atap, maka kaca sunroof akan berjamur.

Samsudin mengatakan, untuk menjaga kualitas karet-karet pelindung atau sil tetap awet, pemilik mesti rajin menyingkirkan debu yang mengendap.

Pastikan kondisi karet tak mengeras karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Pemilik bisa menyemprotkan permukaan karet dengan cairan silikon.

“Tidak harus rutin. Tapi paling tidak karet-karet di sekitar area sunroof dicek kualitasnya. Kalau memang terlihat kusam dan agak keras bisa di kasih cairan silicon," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X