Sewa Mobil Rental Lepas Kunci, Ini Persyaratannya

Kompas.com - 04/05/2021, 17:21 WIB
Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona. dokumentasi pribadiPenurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah melarang mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021. Hal ini bertujuan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 melihat fenomena yang sampai ini masih terus berlanjut.

Meski begitu, ada pengecualian larangan di beberapa wilayah kabupaten atau kota. Pengecualian larangan ini sering disebut dengan istilah mudik lokal.

Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan mudik lokal untuk sekedar pergi menjenguk sanak saudara atau sekadar pergi ke pusat perbelanjaan.

Banyak moda transportasi yang dapat dipilih, salah satu caranya adalah menyewa mobil.

Baca juga: Tambah Investasi, Daihatsu Klaim Produksi Rocky Tak Ganggu Model Lain

Bisnis persewaan mobil di Jakarta dan siap untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon konsumen.

Perlu diketahui syarat dan biaya setiap penyedia mobil sewaan pasti berbeda-beda, biasanya antar perusahaan memiliki sedikit aturan dan harga yang berbeda.

Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para PemudikKompas.com/Markus Yuwono Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para Pemudik

“Bagi yang menggunakan sopir syaratnya menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pribadi dan istri, orang tua jika belum berkeluarga, Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Keluarga (KK) dan Kartu tanda pengenal tempat bekerja,” ujar Sofia pemilik rental mobil di Jakarat Barat kepada Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Sementara untuk yang ingin lepas kunci, calon konsumen harus menyertakan fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), rekening listrik dan telepon.

Baca juga: Jelang Larangan Mudik Lebaran 2021, Mobilitas ke Luar Daerah Mulai Meningkat

Wanita yang akrab disapa Sofi itu mengatakan, persyaratan lepas kunci terbilang banyak karena sebagai bentuk selektif keamanan bagi pengusaha rental.

Selain itu, segala kerusakan selama peminjaman lepas kunci akan menjadi tanggung jawab peminjam sejak.

Bagi yang berminat melakukan peminjaman selama Lebaran, sewa kendaraan ditetapkan per 10 hari.

“Harganya bervariasi, kalau Toyota Avanza biasanya Rp 5 juta,” kata Sofi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X