Kompas.com - 04/05/2021, 16:41 WIB
Fungsi jalu di setang motor. indonesiautosblog.comFungsi jalu di setang motor.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian motor dilengkapi dengan stabilizer pada bagian ujung setang, atau yang sering disebut dengan jalu setang.

Meski terkesan sederhana dan sering dianggap cuma aksesoris, jalu setang punya fungsi yang cukup penting. Bahkan berkaitan dengan keselamatan.

Baca juga: Berapa Biaya Perawatan Honda City Hatchback RS sampai 100.000 Km

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, meminimalisir kerusakan, baik bodi hingga tuas rem atau kopling saat terjatuh.

Stabilizer Setang Foto: Kaskus Stabilizer Setang

Stabilizer setang ini akan menjadi tumpuan saat motor terjatuh, jadi tuas gas tidak tertarik atau tertahan saat motor dalam posisi terjatuh,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sayangnya, tak banyak pemilik motor yang paham fungsi ini. Sehingga kadang dilepas agar lebih ringkas atau saat mengganti setang stabilizer-nya dicopot.

Padahal stabilizer sangat membantu. Sesuai namanya, kata Ribut, fungsi utama jalu setang untuk menjaga kestabilan kemudi setang akibat getaran dari jalan.

“Selain itu, stabilizer juga berfungsi untuk meredam getaran setang kemudi dan mengurangi dampak pada motor saat kecelakaan,” ujar Ribut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X