Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Eksterior Rocky dan Raize

Kompas.com - 02/05/2021, 13:04 WIB
Kolaborasi Toyota dan Daihatsu melalui Raize dan Rocky DOK. ADM-TAMKolaborasi Toyota dan Daihatsu melalui Raize dan Rocky
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sport utility vehicle (SUV) kompak kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, resmi dipasarkan di dalam negeri usai jadi perbincangan, pada Jumat (30/4/2021).

Produk ke-5 hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia ini hadir dengan beragam aspek menarik, terkhusus untuk desain serta harga yang terjangkau.

Kemudian, mobil juga menggunakan basis yang sama sehingga biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. Tapi hal ini tak lantas membuat Rocky dan Raize kembar identik.

Baca juga: Ini Kelebihan Platform TNGA yang Jadi Nyawa Raize

Daihatsu Rocky di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky di Indonesia

Keduanya memiliki ciri khas desain masing-masing dengan kelengkapan yang mengikutinya, sebagaimana dijelaskan oleh Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam peluncurannya.

"Secara keseluruhan memang banyak persamaan. Bila bicara tampilan, perbedaan paling kentara gril di mana Rocky ke atas tersenyum lebar dan Raize ke bawah," kata dia.

Lebih rinci, Rocky lebih banyak memiliki aksen krom baik dari sisi-sisi grill, bemper depan dan belakang, side body moulding, side guard, dan side skirt serta garnish pintu.

Sementara Raize, lebih mengedepankan sisi sporty dengan pewarnaan sederhana yaitu hitam dan grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut.

Sehingga, Rocky lebih terkesan sebagai SUV mungil perkotaan yang modern sedangkan Raize sedikit lebih sporty. Cocok bagi pengemudi muda yang dinamis dan stylish.

Baca juga: Punya Dimensi Lebih Compact, Senyaman Apa Kabin Daihatsu Rocky ?

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety SenseKompas.com/Setyo Adi Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

Terlebih, Toyota mengeluarkan varian Gazoo Racing di model ini dengan perangkat body kit dan aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior untuk mengentalkan aura agresifnya.

Rocky hadir dalam 5 varian yaitu 1.0 R TC MT, 1.0 R TC MT ADS, 1.0 R TC CVT, 1.0 R TC CVT ADS, 1.0 R TC CVT ASA. Sementara, untuk varian 1.2 nya akan menyusul.

Adapun, Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G MT, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G MT. Namun untuk varian 1.2 nya juga akan menyusul.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X