Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Eksterior Rocky dan Raize

JAKARTA, KOMPAS.com - Sport utility vehicle (SUV) kompak kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, resmi dipasarkan di dalam negeri usai jadi perbincangan, pada Jumat (30/4/2021).

Produk ke-5 hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia ini hadir dengan beragam aspek menarik, terkhusus untuk desain serta harga yang terjangkau.

Kemudian, mobil juga menggunakan basis yang sama sehingga biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. Tapi hal ini tak lantas membuat Rocky dan Raize kembar identik.

Keduanya memiliki ciri khas desain masing-masing dengan kelengkapan yang mengikutinya, sebagaimana dijelaskan oleh Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam peluncurannya.

"Secara keseluruhan memang banyak persamaan. Bila bicara tampilan, perbedaan paling kentara gril di mana Rocky ke atas tersenyum lebar dan Raize ke bawah," kata dia.

Lebih rinci, Rocky lebih banyak memiliki aksen krom baik dari sisi-sisi grill, bemper depan dan belakang, side body moulding, side guard, dan side skirt serta garnish pintu.

Sementara Raize, lebih mengedepankan sisi sporty dengan pewarnaan sederhana yaitu hitam dan grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut.

Sehingga, Rocky lebih terkesan sebagai SUV mungil perkotaan yang modern sedangkan Raize sedikit lebih sporty. Cocok bagi pengemudi muda yang dinamis dan stylish.

Terlebih, Toyota mengeluarkan varian Gazoo Racing di model ini dengan perangkat body kit dan aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior untuk mengentalkan aura agresifnya.

Rocky hadir dalam 5 varian yaitu 1.0 R TC MT, 1.0 R TC MT ADS, 1.0 R TC CVT, 1.0 R TC CVT ADS, 1.0 R TC CVT ASA. Sementara, untuk varian 1.2 nya akan menyusul.

Adapun, Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G MT, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G MT. Namun untuk varian 1.2 nya juga akan menyusul.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/02/130431915/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-eksterior-rocky-dan-raize

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke