Wanita Harus Paham Soal Pengetahuan Dasar Otomotif

Kompas.com - 01/05/2021, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern seperti saat ini semakin banyak wanita yang mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tidak terkecuali dalam urusan menyetir kendaraan sendiri.

Meski otomotif seringkali dihubungkan sebagai suatu hal yang maskulin, nyatanya wanita juga perlu untuk mengetahui hal-hal dasar mengenai otomotif.

Pasalnya, bila wanita memiliki pengetahuan dasar mengenai otomotif, tentu dapat membuat urusan sederhana terkait otomotif di kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Selain itu, hal medasar terkait otomotif juga perlu dipahami wanita agar tidak mudah tertipu, khususnya saat harus servis sendiri ke bengkel atau saat jual beli mobil.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Tampilan Daihatsu Rocky di Indonesia

Ketua umum Toyota Yaris Club Indonesia Febi Rosseva Amalinda mengatakan, otomotif di era sekarang ini bukan hanya miliknya pria saja. Sebab, wanita zaman sekarang juga banyak yang sudah memiliki kendaraan dan menyetir sendiri untuk menunjang aktivitasnya sehari- hari.

“Tentu saja wanita harus mempunyai pengetahuan tentang otomotif atau setidaknya tentang kendaraan pribadinya sendiri. Pengetahuan dasar ini contohnya bagaimana mengganti ban mobil, mengurus asuransi kendaraan, servis kendaraan secara rutin, dan tentu saja aturan aturan yang berlaku di jalan,” ujar Febi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Ilustrasi mobil bermasalah.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mobil bermasalah.

Menurut Febi, hal tersebut diperlukan agar pada saat menyetir sendiri (tanpa pasangan, atau keluarga/teman), para kaum hawa tetap bisa mengatasi masalah yang timbul di jalanan.

“Cara untuk mendapatkan pengetahuannya pun bermacam-macam, bisa dengan ikut komunitas otomotif, pelatihan safety driving, konsultasi dengan bengkel atau membaca majalah dan media tentang otomotif,” katanya.

Baca juga: Sepeda Motor Angkut Galon. Kesalahan yang Lazim

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Miss Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 Alvilia Sharleen Theora.

"Ketika mengemudi, tentu kita harus memahami spesifikasi dari kendaraan itu sendiri. Contohnya sebagai wanita kita harus tahu kendaraan yang kita bawa jenis apa, bahan bakar apa yang digunakan, kapasitas mesinnya berapa cc, jenis transmisi kendaraan tersebut matik atau manual, serta fitur-fitur apa saja yang ada di dalam mobil agar tidak salah penggunaannya,” ucap Sharleen kepada Kompas.com pekan lalu.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting menurut Sharleen adalah wanita harus mengetahui cara merawat kendaraannya sendiri.

“Jangan sampai hanya bisa memakai mobil atau motor tersebut tapi tidak bsa merawatnya. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang seharusnya bisa dihindari,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.