Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Berkendara Vespa GTS Super Tech 300 yang Makin Canggih

Kompas.com - 27/04/2021, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comVespa GTS Super Tech 300 merupakan salah satu pilihan Vespa premium yang dijual di Indonesia. Memiliki banderol Rp 153,5 juta, apakah skuter matik ini nyaman untuk digunakan sehari-hari?

Untuk soal posisi berkendara, dengan tinggi badan 178 cm, ketika duduk di atas Vespa GTS Super Tech 300 ini terasa nyaman. Dengan jarak jok ke tanah 790 mm, kedua kaki bisa menapak sempurna.

Ketika duduk, posisi kaki juga tidak terlalu menekuk ke belakang, seolah seperti lagi duduk di kursi. Selain itu, posisi tangan juga rileks, tidak tegang atau terlalu lurus karena posisi setang yang jauh. Segitiga ergonomi berkendara tergolong cukup nyaman.

Baca juga: Gap Kecepatan di Tol Jadi Biang Kecelakaan Tabrak Depan Belakang

Vespa GTS Super Tech 300KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Vespa GTS Super Tech 300

Untuk mengontrol tombol yang ada di setang juga mudah, posisinya mudah digapai oleh ibu jari. Selanjutnya, ketika menyalakan mesin, menurut kami getaran dari mesin tidak begitu terasa, bahkan bisa dibilang halus.

Kompas.com mengetes motor ini dengan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bogor lewat Jalan Raya Parung. Kondisi jalan yang sebagian mulus, ditempuh dengan kecepatan antara 60 kpj sampai 70 kpj dan rasanya sangat halus, terkesan tidak susah payah untuk meraih kecepatan tersebut.

Selanjutnya, kondisi jalan tersebut juga terdapat banyak lubang-lubang kecil. Ketika dilalui dengan Vespa GTS Super Tech 300 ini, lubang tersebut berhasil diredam dengan baik, bahkan bantingan juga tidak mengeluarkan suara keras.

Baca juga: Toyota Buka Keran SPK Raize Setelah Resmi Meluncur

Vespa GTS Super Tech 300KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Vespa GTS Super Tech 300

Namun, ketika melewati tikungan dengan kecepatan tinggi, bodi motor terasa tidak mau nurut. Mungkin karena beban motor yang cukup berat ditambah ukuran pelek yang kecil membuatnya memiliki karakter seperti itu.

Selain itu, ketika kondisi jalan macet atau stop and go, kipas pendingin yang ada di bagasi depan kerap menyala. Suaranya terdengar meski mengenakan helm. Mungkin bisa mengagetkan bagi yang awam, namun hal ini memang wajar saja mengingat kapasitas mesin yang relatif besar untuk skuter matik.

Vespa GTS Super Tech 300KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Vespa GTS Super Tech 300

Ketika mencoba fitur Anti Slip Regulation (ASR) atau traction control milik Vespa GTS Super Tech 300, terasa agak mengganggu jika berkendara di kecepatan rendah. Fitur ASR seperti menahan putaran gas dari pengendara.

Memang fitur ASR ini lebih efektif digunakan pada permukaan jalan yang tidak rata, sehingga tidak selip. Jadi, bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, karena pemilik bisa mengaktivasi atau mematikan lewat tombol di sisi kanan setang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com