Kompas.com - 26/04/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi mengabarkan Raize bakal dirilis untuk pasar Indonesia pada 30 April 2021.

Seremoni peluncuran akan dihelat secara virtual melalui kanal Youtube Toyota Indonesia. Bersamaan dengan itu, Toyota juga akan membuka keran pemesanan resminya.

Lantas bagaimana dengan kabar diler yang sudah mulai "curi start" menerima pemesanan Raize lebih awal. Bahkan sampai ada yang meminta booking fee.

Menjawab hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, bila pemesanan resmi Raize baru akan dibuka saat unit sudah resmi diluncurkan dan sudah ada ketetapan harganya, yakni pada Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Jelang Peluncuran Brosur Toyota Raize Bocor, Simak Fitur-Fiturnya

"Raize akan kami luncurkan akhir bulan ini, dan kalau bicara Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) resminya baru akan dibuka akhir bulan ini (setelah meluncur)," ucap Anton dalam diskusi virtual bersama media Jumat (23/4/2021) lalu.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

"Jadi yang disebut SPK itu harus ada harganya dulu dan sudah diluncurkan, nanti setelah kita luncurkan di situ juga akan kita umumkan harganya seperti apa, nanti konsumen baru akan kita info SPK resminya," kata Anton.

Terkait soal konsumen yang sudah lebih dulu melakukan pemesanan Raize sebelum peluncuran, menurut Anton diler hanya sekadar mencatat atau mendaftarkan nama konsomen saja, namun bukan menjadi SPK resmi.

Baca juga: Jelang Peluncuran Brosur Toyota Raize Bocor, Simak Fitur-Fiturnya

Anton juga meminta konsumen bersabar sedikit, karena memang masalah peluncuran Raize sendiri sudah diumumkan kepastian tanggal dan hanya tinggal menghitung hari saja.

Fitur smart assist jadi salah satu andalan pada Toyota Raize. Fitur smart assist jadi salah satu andalan pada Toyota Raize.

"Kalau sekarang banyak konsumen yang menghubungi diler mungkin dicatat dulu namanya. Begitu harganya sudah final, nanti akan disampaikan dan silakan membuat SPK yang resmi, kira-kira seperti itu," ujar Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.