Dirangsang Insentif, Toyota Innova dan Fortuner Tumbuh Subur

Kompas.com - 24/04/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya mobil dengan kubikasi 1.500 cc ke bawah, memasuk April 2021, Pemerintah resmi meluaskan relaksasi insentif PPnBM bagi mobil 2.500 cc.

Meski diskonnya hanya 50 persen, tapi diklaim cukup memberikan rangsangan sehingga membuat banyak masyarakat tertarik.

Hal ini yang diraskan Toyota. Menurut Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), pemesanan Fortuner dan Innova naik dua kali lipat imbas PPnBM.

Baca juga: Sah, Daihatsu Juga Luncurkan Rocky Pekan Depan

"Surat pemesanan kendaraan (SPK) Kijang Innova di April meningkat sampai di atas 120 persen, sementara Fortuner sampai 80 persen dibanding bulan sebelumnya," ujar Anton, dalam diskusi buka puasa virtual bersama media, Jumat (23/4/2021).

Kijang Innova Limited EditionDOK. TAM Kijang Innova Limited Edition

Menurut Anton, dengan naiknya permintaan terhadap dua model yang bermain di atas 1.500 cc tersebut, bisa menggambarkan adanya titik balik dan momentum yang positif.

Bukan hanya untuk Toyota, namun juga bagi industri otomotif secara nasional. Apalagi, saat ini juga didukung ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Lebih lanjut Anton menjelaskan, sejak keluarnya kebijakan relaksasi PPnBM, penjualan Toyota mengalami kenaikan yang signifikan. Bahkan cukup drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Diskon SUV Medium di IIMS Hybrid 2021, Fortuner Diskon Rp 35 Juta

Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harianKompas.com / Setyo Adi Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian

"Kami berterima kasih kepada pemerintah, market di Maret ini meningkat kira-kira 65 persen di retail, bahkan penjualan lebih tinggi dibanding Maret tahun lalu, ini suatu hal yang menarik," ujar Anton.

"Toyota sendiri membukukan penjualan retail yang meningkat di angka 26.000, hampir dua kali lipat dari Februari, tumbuh 48 persen dibanding Maret 2020, jadi ini memang signifikan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.