Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F8 Spider, Supercar Atap Terbuka Khusus Fanatik Ferrari

Kompas.com - 19/04/2021, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai distributor Ferrari di Indonesia, PT Eurokars Prima Utama, telah mengumumkan kehadiran Ferrari F8 Spider.

Generasi terbaru mobil convertible ini melengkapi model yang sudah ada, seperti SF90 Stradale dan Ferrari Roma yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Melihat tampilannya, F8 Spider mengusung konstruksi retractable hardtop (RHT), yang ramping dan efisien.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2021: Quartararo Juara, tapi Banyak yang Crash

Ferrari F8 SpiderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari F8 Spider

Produsen yang berbasis di Maranello, Italia, itu menyatakan telah menyempurnakan arsitektur selama lebih dari empat dekade.

Hal ini turut berimbas pada performa, salah satunya menyeimbangkan bobot secara komprehensif sehingga menciptakan handling yang baik.

Salah satu ubahan yang dilakukan adalah memindahkan intake udara, dari sayap ke belakang, terletak di kedua sisi spoiler yang terhubung langsung ke pleno.

Baca juga: PO ANG, Pemain Baru Bus AKAP Jakarta - Padang

Ferrari F8 SpiderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari F8 Spider

Ubahan ini secara drastis memastikan aliran udara yang lebih besar ke mesin, sehingga meningkatkan daya.

Pada sisi lain, Adaptive Performance Launch bisa menganalisis cengkeraman ketika mobil berakselerasi, dengan kontrol elektronik untuk mengoptimalkan torsi, yang berguna untuk mengurangi selip roda.

Di samping itu, mesin F8 Spider juga mewarisi inovasi pengurangan berat yang sangat efisien dari 488 Pista yang telah memangkas bobot hingga 18 kg lebih ringan dibanding 488 Spider.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Berikut Titik Penyekatan di Jadetabek

Ferrari F8 SpiderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari F8 Spider

Ferrari mengatakan bahwa F8 Spider dirancang bersamaan dengan F8 Tributo Berlinetta. Tak heran, mobil ini menjadi salah satu acuan mobil sport dengan pengalaman berkendara istimewa.

Di atas kertas, F8 Spider mengusung dapur pacu V8 berkapasitas 3.902 cc yang bertenaga 720 cv atau setara 710 tk pada 8.000 rpm.

Sementara torsi maksimumnya sekarang lebih tinggi dibandingkan semua mesin, yakni 770 Nm pada 3.250 rpm.

Dalam impresi perdana, kami melihat bahwa F8 Spider merupakan mobil eksotis yang cocok buat Anda penggemar fanatik Ferrari.

Baca juga: Hasil Balap Moto2 GP Portugal, Raul Fernandez Menang, Mas Bo Jatuh

Ferrari F8 SpiderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari F8 Spider

Mobil ini menawarkan performa mumpuni untuk melaju kencang di jalan bebas hambatan. Namun dengan atap terbuka, F8 Spider juga cocok buat Anda yang ingin berplesir di kawasan pantai sambil menikmati sore.

Namun pastinya jika Anda mencari kenyamanan, mobil ini bukan jawaban. Ferrari Roma bisa dibilang jauh lebih manusiawi ketimbang F8 Spider.

Di interiornya, mobil ini menawarkan jok semi bucket yang terbilang keras. Selain itu ruang penyimpanan juga terbilang minim. Di belakang jok pengemudi sama sekali tak ada ruang tersisa untuk menaruh barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com