Kompas.com - 19/04/2021, 13:15 WIB
DFSK secara resmi telah meluncurkan DFSK Gelora E sebagai the first electric commercial vehicle untuk para pengusaha di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 20211. DFSKDFSK secara resmi telah meluncurkan DFSK Gelora E sebagai the first electric commercial vehicle untuk para pengusaha di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 20211.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai pada mobil listrik merupakan komponen yang vital. Selain itu, harganya pun sangat mahal. Maka itu, penting untuk mengetahui cara mengecas baterai tersebut dengan benar.

Junardi Hwangshuwei, anggota Komunitas Sepeda/ Motor Listrik (Kosmik) Indonesia, kepada Kompas.com, mengatakan, sangat tidak disarankan jika menggunakan sepeda listrik, motor listrik, atau mobil listrik, sampai daa pada baterainya benar-benar habis.

Baca juga: Mudah Merawat Baterai Mobil Listrik, Cukup Perhatikan 2 Hal Ini

"Setidaknya, saat kondisi baterai tersisa 25 persen, harus segera dicas. Tidak masalah jika dicasnya tidak sampai penuh," ujar Junardi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

DFSK mulai buka pemesanan untuk mobil listrik Gelora EKompas.com/Donny DFSK mulai buka pemesanan untuk mobil listrik Gelora E

Menurutnya, jika kendaraan listrik sering digunakan sampai baterainya benar-benar habis, efeknya baterai akan cepat rusak.

"Cara yang paling baik adalah dicas tiap habis digunakan. Namun, sebelumnya dinginkan terlebih dahulu. Dicas singkat saja, selama satu jam, lalu dinginkan, baru digunakan lagi," kata Junardi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Perawatan Mobil Listrik Tidak Sesulit Mobil Bensin

Head of After Sales Service Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto, mengatakan, pemilik kendaraan listrik dapat memaksimalkan metode pengisian daya normal atau fasilitas home charging dengan arus tinggi, kecuali diperlukan.

"Jika konsumen hanya dapat menggunakan metode quick charging, kami rekomendasikan untuk tetap menggunakan metode pengisian daya normal setidaknya sekali dalam dua minggu," kata Boediarto.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X