Stok Mitsubishi Xpander di Jateng Terbatas, Mulai Inden

Kompas.com - 17/04/2021, 08:22 WIB
Mitsubishi Xpander Black Edition. (Dok. MMKSI) Mitsubishi Xpander Black Edition.

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0 persen yang berlaku mulai bulan Maret 2021.

Dengan adanya diskon tersebut, tingkat daya beli masyarakat untuk mobil baru meningkat. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesale (pabrik ke dealer) tercatat sebanyak 84.910 unit pada bulan Maret 2021.

Jumlah ini menanjak 72,57 persen dibandingkan penjualan mobil di bulan Februari 2021 yakni sebesar 49.202 unit.

Baca juga: Ternyata Boleh Mudik Sebelum 6 Mei, Ada Penyesuaian Harga Tiket Bus

Mitsubishi merupakan salah satu merek yang menikmati fasilitas diskon PPnBM dengan Xpander.

Dalam diskusi virtual, Kamis (15/4/2021), Manager of Sales and Marketing Division MMKSI Amiruddin mengatakan, memang inden untuk Mitsubishi Xpander membeludak.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black EditionDOK MMKSI Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Hal ini juga berpengaruh terhadap ketersediaan unit di berbagai daerah di Indonesia. Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang mengalami ketersediaan unit terbatas.

Baca juga: Sekarang Ujian Praktik SIM Lebih Canggih dan Transparan

Jumlah stok yang terbatas juga diketahui dari pramuniaga Mitsubishi di Solo.

"Kalau untuk Xpander dilihat dulu untuk stok Jawa Tengah masih tersedia atau tidak, untuk tipe dan warna yang diinginkan. Jika nanti unitnya tidak tersedia maka bisa kami indenkan," kata salah satu tenaga penjual di diler Mitsubishi Solo, Jawa Tengah kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Tenaga penjual tersebut juga menjelaskan alokasi unit yang tersedia juga sudah dibagi langsung oleh pihak Mitsubishi Jakarta. Sehingga untuk pembeli yang tidak mendapatkan ketersediaan unit yang diinginkan harus menunggu terlebih dahulu untuk ketersedian unit.

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Sebenarnya untuk ketersedian unit memang masih ada, namun untuk warna tertentu ada yang harus inden terlebih dahulu. Seperti di Solo, Jawa Tengah untuk tipe Ultimate hanya ada warna hitam, sementara warna putih harus inden.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Portugal, Marquez Langsung Tercepat Ketiga

Sementara itu, Amiruddin melanjutkan, MMKSI akan terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan konsumen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X