Benarkah Pengurusan SIM Online Berlaku Mulai Hari Ini?

Kompas.com - 12/04/2021, 12:10 WIB
Head of Ecosystem Expansion GoPay Edwin Ariono (kedua kanan) melihat proses ujian pembuatan Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (26/8/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAHead of Ecosystem Expansion GoPay Edwin Ariono (kedua kanan) melihat proses ujian pembuatan Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (26/8/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Polri memastikan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online atau daring bisa dilakukan mulai April 2021.

Masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM yang mendekati masa kedaluarsa bakal lebih efisien, sebab pengurusan dapat dilakukan di mana saja.

Para pemilik SIM juga tak perlu mengantre di lokasi pembuatan seperti sebelumnya. Asyiknya, segala proses pendaftaran dan pengujian dilakukan secara transparan melalui aplikasi.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Bikin Baru dan Perpanjangan SIM

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Tidak hanya pengujian teori, terdapat juga tes psikologi yang menggunakan aplikasi E-Ppsi serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Info soal SIM online pun mulai ramai di media sosial. Masyarakat kabarnya hanya perlu mengunduh aplikasi bernama Sinar (SIM Nasional Presisi) yang bisa digunakan mulai 12 April 2021.

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri Kombes Pol Jati, mengatakan, terkait SIM online saat ini pihaknya masih melakukan gladi.

Baca juga: Toyota Harrier Terbaru Meluncur, Harga Rp 800 Jutaan

Proses perpanjang SIM layanan kelilingStanly Proses perpanjang SIM layanan keliling

“Sekarang belum, besok baru kami umumkan ke publik,” ucap Jati, kepada Kompas.com (12/4/2021).

Jati menambahkan, pihaknya memang sedang melakukan studi terkait aplikasi Sinar. Tak heran jika beberapa masyarakat sudah bisa mengunduh aplikasi tersebut.

“Itu uji coba yang kami lakukan, resminya nanti kami share,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X