Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO EPA Star, Model Social Distancing

Kompas.com - 12/04/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) memang punya kebiasaan merilis bus baru ketika mendekati bulan Ramadhan. Walau tahun ini kembali ada larangan mudik, tidak membuat PO EPA Star merilis bus barunya.

Empat bus baru dirilis PO EPA Star dari karoseri Tentrem di Malang. Kabarnya, bus baru ini juga mengisi rute baru, yakni Palembang – Jakarta, Palembang – Bandung dan Palembang Tasik.

Marketing Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, keempat bus baru PO EPA Star menggunakan bodi Avante H7. Kemudian kabinnya memakai model social distancing bus, dengan susunan kursi 1-1-1.

Baca juga: Cari Mobil Keluarga 7 Seater di Bawah Rp 100 Juta, Bisa Dapat Innova

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

“Ada empat unit, memakai sasis Mercedes Benz OH 1526 dengan bodi Avante H7,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Untuk tampilan luarnya, PO EPA Star memilih keliar berwarna putih dengan livery hijau. Detail livery hijau ini seperti mengajak untuk mencintai lingkungan dengan slogan “Go Green” dan gambar bumi berwarna hijau.

Beralih ke kabin bus, disediakan toilet untuk penumpang yang bisa digunakan ketika bus berjalan. Kemudian untuk kursi single seat di kabin PO EPA Star ini merupakan buatan Hai Rimba Kencana.

Baca juga: Toyota Harrier Terbaru Meluncur, Harga Rp 800 Jutaan

Untuk kursinya, memiliki arm rest serta colokan USB untuk mengisi daya telepon genggam penumpang. Untuk sistem hiburannya, ada dua TV yang dipasang di tengah atap kabin bus, di bagian depan dan tengah.

Selain itu, dipasang juga sekat yang memisahkan kabin penumpang dan pengemudi. Sekat ini tentunya bisa digunakan pengemudi dan kru merokok tanpa mengganggu kenyamanan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com