Bus Listrik Medium Buatan Indonesia Sedang Dites TransJakarta

Kompas.com - 12/04/2021, 09:22 WIB
Bus listrik medium Inka E-Inobus KOMPAS.com/SETYO ADIBus listrik medium Inka E-Inobus

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa eleltrifikasi kendaraan niaga di Indonesia sudah mulai terlihat. Misalnya seperti PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) yang kerap melakukan uji coba pada bus listrik yang bakal beroperasi di Ibu Kota.

Uji coba ini tentunya untuk mengetahui kekuatan dan keandalan dari bus listrik yang nantinya digunakan sebagai armada reguler. Salah satu bus yang sedang diuji coba oleh TransJakarta adalah bus listrik buatan PT Industri Kereta Apii (Inka), E-Inobus.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bus buatan Indonesia ini. Kali ini kita akan bahas sedikit soal tampilan eksteriornya.

Baca juga: Dilarang Mudik, Ini Titik Penyekatan di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Bus listrik medium Inka E-InobusKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik medium Inka E-Inobus

Bus ini termasuk dalam tipe medium, karena memiliki panjang sekitar 8 meter serta lebar 2 meter. Untuk tampilan luarnya, bisa dibilang mirip dengan medium bus yang sudah ada di Indonesia, terutama yang digunakan menjadi bus rapid transit (BRT).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tampilan keseluruhan, sebenarnya E-Inobus yang sedang diuji coba TransJakarta ini merupakan unit dengan kelir merah dan hitam saat awal diperkenalkan PT Inka. Namun seluruh bodinya saat ini dikelir putih.

Secara keseluruhan, tampilan bus bisa dibilang tidak semodern dua bus lain yang sedang diuji coba, yakni Zhongtong dan Skywell. Tampilannya lebih sederhana, tidak terlalu terlihat kalau ini adalah bus listrik.

Baca juga: Plus Minus Yamaha Gear 125 Versi Pemilik

Bus listrik medium Inka E-InobusKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik medium Inka E-Inobus

Untuk bodi E-Inobus, dibuat oleh karoseri asal Indonesia, yakni Piala Mas. Secara pintu penumpangnya, bus ini memiliki dua akses, high entry di bagian tengah sisi kanan dan pintu penumpang biasa di sisi kiri.

Dengan begitu, bus ini cocok jika digunakan pada jalan di Jakarta, baik di dalam bus way, maupun di luar. Karena jika di dalam bus way bisa masuk lewat pintu tengah dan di jalan biasa bisa lewat pintu depan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X