Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Listrik Medium Buatan Indonesia Sedang Dites TransJakarta

Kompas.com - 12/04/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa eleltrifikasi kendaraan niaga di Indonesia sudah mulai terlihat. Misalnya seperti PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) yang kerap melakukan uji coba pada bus listrik yang bakal beroperasi di Ibu Kota.

Uji coba ini tentunya untuk mengetahui kekuatan dan keandalan dari bus listrik yang nantinya digunakan sebagai armada reguler. Salah satu bus yang sedang diuji coba oleh TransJakarta adalah bus listrik buatan PT Industri Kereta Apii (Inka), E-Inobus.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bus buatan Indonesia ini. Kali ini kita akan bahas sedikit soal tampilan eksteriornya.

Baca juga: Dilarang Mudik, Ini Titik Penyekatan di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Bus listrik medium Inka E-InobusKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik medium Inka E-Inobus

Bus ini termasuk dalam tipe medium, karena memiliki panjang sekitar 8 meter serta lebar 2 meter. Untuk tampilan luarnya, bisa dibilang mirip dengan medium bus yang sudah ada di Indonesia, terutama yang digunakan menjadi bus rapid transit (BRT).

Untuk tampilan keseluruhan, sebenarnya E-Inobus yang sedang diuji coba TransJakarta ini merupakan unit dengan kelir merah dan hitam saat awal diperkenalkan PT Inka. Namun seluruh bodinya saat ini dikelir putih.

Secara keseluruhan, tampilan bus bisa dibilang tidak semodern dua bus lain yang sedang diuji coba, yakni Zhongtong dan Skywell. Tampilannya lebih sederhana, tidak terlalu terlihat kalau ini adalah bus listrik.

Baca juga: Plus Minus Yamaha Gear 125 Versi Pemilik

Bus listrik medium Inka E-InobusKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik medium Inka E-Inobus

Untuk bodi E-Inobus, dibuat oleh karoseri asal Indonesia, yakni Piala Mas. Secara pintu penumpangnya, bus ini memiliki dua akses, high entry di bagian tengah sisi kanan dan pintu penumpang biasa di sisi kiri.

Dengan begitu, bus ini cocok jika digunakan pada jalan di Jakarta, baik di dalam bus way, maupun di luar. Karena jika di dalam bus way bisa masuk lewat pintu tengah dan di jalan biasa bisa lewat pintu depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com