Mengapa Pengemudi Wanita Kini Lebih Gemar dengan SUV

Kompas.com - 12/04/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA,KOMPAS.com - Identitas manly dan sporty yang ada pada mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) kini sudah tidak didominasi oleh para pria saja.

Kini, tidak sedikit wanita yang justru menjatuhkan pilihannya pada mobil jenis ini untuk menemani kegiatannya sehari-hari.

Cahaya Fitri Tantriyani, Customer Satisfaction Development and Marketing Communication Head PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) mengatakan, berdasarkan data penjualan Auto2000, sepanjang penjualan dalam sembilan tahun terakhir pelanggan wanita tercatat 35.000 unit atau sekitar 25 persen dari total penjualan Rush dan Fortuner.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Tol Saat Hujan Deras

Data ini didasari pada sifat wanita yang selalu ingin merasa aman dan terlindungi, mobil SUV ini seolah menjawab semua kebutuhan yang diutarakan oleh para kaum hawa.

“Selain image pemakaiannya sebagai pribadi yang aktif dan sporty, banyak wanita yang memilih SUV juga karena faktor keamanan,” ujar Tantri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Genangan air terlihat di Tol Padaleunyi KM 130Dok Humas Jasa Marga Genangan air terlihat di Tol Padaleunyi KM 130

Wanita cenderung memilih SUV, contohnya ketika musim hujan di mana genangan air atau bahkan banjir bisa saja terjadi.

“Kendaraan dengan ground clearance yang tinggi dianggap lebih aman. Hal ini menjadi salah satu alasan dipilihnya SUV,” kata Tantri.

Pramudya Putri Dewanti pengurus Fortuner Indonesia Adventure (FORTNESIA) yang mengaku lebih nyaman menggunakan mobil SUV dibandingkan dengan city car.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Gempa Ketika Sedang Berkendara Sepeda Motor

Mobil SUV itu lebih nyaman dikendarai terutama ketika berada di kecepatan tinggi,” ucap wanita yang akrab disapa Dea.

Menurut Dea, mayoritas perempuan kalau mengendarai mobil atau motor cenderung ceroboh. Jadi kalau ada jalan yang kurang bagus mobil SUV lebih minim terasa getaran dan kondisinya juga lebih kokoh dibanding city car.

“Tetapi, kembali lagi masing-masing orang punya selera sendiri,” ujar Dea.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X