Gesits Siap Serap Baterai Buatan Lokal

Kompas.com - 12/04/2021, 08:22 WIB
Dealer baru Gesits di Sunter, Jakarta Utara Foto: KOMPAS.com/GilangDealer baru Gesits di Sunter, Jakarta Utara


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik buatan dalam negeri, Gesits, siap memakai produk baterai motor listrik lokal buatan perusahaan pengembang baterai, Indonesia Battery Corporation (IBC).

"Iya pasti," kata Trihari Agus Riyanto, Direktur Keuangan PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku manufaktur dan prinsipal Gesits, yang ditemui belum lama ini.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Gempa Ketika Sedang Berkendara Sepeda Motor

Baterai dari skuter listrik Gesits.Donny Dwisatryo Priyantoro Baterai dari skuter listrik Gesits.

Trihari mengatakan, saat ini Gesits memakai baterai buatan WIKA Industri Energi (Winner) yang juga merupakan salah satu anak usaha WIKA.

"Ada WIKA Industri Energi namanya Winner, kami memberikan tugas kepada Winner untuk mengelola baterai. Saat ini Indonesia mana yang lokal, lokal itu nanti pada saat smelter yang di Morowali. Sekarang ini baru berita mengenai Indonesia baterai," katanya.

Baca juga: Merek Lokal Largo eBike, Luncurkan 3 Model Sepeda Listrik Klasik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spesifikasi baterai Gesits mengusung baterai Lithium Ion berkapasitas 5.000 Wh. Dengan kondisi baterai penuh, motor bisa menempuh jarak hingga 50 Km.

Modifikasi GesitsFoto: KOMPAS.com/Gilang Modifikasi Gesits

"Karena baterai kita, itu nikel, mangan, kobalt. Nikelnya 80 persen, mangan 10 persen dan kobalt 10 persen. Nikel ini terbesar di dunia di Indonesia, ini kita arahnya ke sana. Kalau yang lain saya tidak tahu jenisnya," katanya.

Untuk itu pada saatnya nanti, dengan adanya baterai buatan perusahaan lokal maka harga baterai kendaraan listrik akan turun. 

Meski demikian Trihari enggan berspekulasi mengenai harga jual baterai atau harga jual motor listrik.

"Harga lebih murah. Hitung-hitungan yang mau jual, yang investasi kan Indonesia baterai, tapi harusnya lebih murah. Karena nikel kan di sini, kalau di luar beli nikel beli di sini mahal diangkut lagi. Kalau di sini langsung dibuat di sini tidak ada pajak lagi," katanya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.