Banyak Helm Palsu Bertebaran, Produsen Desak Razia SNI

Kompas.com - 08/04/2021, 07:42 WIB
Helm Cargloss Helm CarglossHelm Cargloss

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm tiruan, imitasi, alias kw semakin banyak ditemui di pasar domestik Indonesia. Merek-merek ternama seperti Arai atau Shoei tidak luput jadi korban pemalsuan.

Meski helm asal tersebut dibuat dengan cukup rumit dan memiliki fitur serta teknologi yang tidak murah, tidak membuat tangan-tangan jahil kesulitan untuk menirunya.

Pasalnya, helm palsu tersebut tentu punya level keamanan yang dipertanyakan, terkait Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku wajib. Jika terjadi kecelakaan, kualitas helm imitasi tidak mampu menjaga keselamatan penggunanya.

Baca juga: Modifikasi Harus Utamakan Fungsional, Contohnya Bagasi Nmax Jangan Dijejali Sound

"Pemerintah sudah mengatur lewat SNI sebagai dasar satu helm boleh beredar di pasar, akan tetapi masih banyak yang melakukan bisnis mengabaikan standar yang sudah ditetapkan," ucap General Manager Cargloss Helmet Endin Nasrudin, dalam konferensi vitual, Rabu (7/4/2021).

Berkaca dari hal itu, Endin mengaku setuju jika diadakan razia terkait helm SNI. Namun, ia mengatakan petugas yang nantinya akan memeriksa jangan hanya terpaku dengan melihat logo SNI saja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Helm Arai tipe GP yang baru diluncurkan di Indoensia oleh Cargloss Proriders, Kamis (21/1/2015).Ghulam/Otomania Helm Arai tipe GP yang baru diluncurkan di Indoensia oleh Cargloss Proriders, Kamis (21/1/2015).

Razia SNI penting untuk dilakukan, tetapi tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaiknya petugas tidak hanya lihat dari logo SNI saja, karena logo itu bisa dibuat sendiri," ucap Endin.

Baca juga: Benarkah Ban Vulkanisir Hanya Boleh Dipasang di Roda Belakang?

Endin menyarankan, selain melakukan razia SNI, pemerintah juga diharapkan dapat membuat aturan yang lebih lengkap untuk menghindari maraknya kasus helm tiruan seperti ini.

"Seperti misalnya ada tersemat stiker khusus helm seperti hologram, yang menyatakan diuji dan asli,” katanya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X