Kompas.com - 08/04/2021, 06:39 WIB
Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang telah dimodifikasi dengan body kit dari Albermo. http://www.caesar.ne.jp/Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang telah dimodifikasi dengan body kit dari Albermo.

MAKASSAR, KOMPAS. com - Belakangan ini nama Toyota Raize sering diperbincangkan masyarakat Indonesia terutama pecinta otomotif. Pasalnya, Raize merupakan SUV kompak terbaru dari Toyota yang akan diluncurkan dan diproduksi secara lokal.

Baca juga: Polisi Bakal Tindak Tegas Kendaraan yang Nekat Mudik Lebaran 2021

Tidak hanya karena mobil baru, Toyota Raize juga menarik perhatian karena masuk dalam daftar penerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bersama kembarannya, yakni Daihatsu Rocky.

Meskipun Toyota belum merilis harga resmi dari Raize, namun untuk pemesanan sudah dibuka di beberapa daerah. Salah satu yang menerima inden adalah diler Toyota di Makassar.

Toyota Raize TRDToyota Toyota Raize TRD

Faisal, salah satu tenaga penjual di diler Toyota Makassar mengatakan, bahwa untuk pemesanan Toyota Raize sudah bisa dilakukan di Makassar. Namun untuk harga resminya Faisal tidak bisa mengatakan karena belum ada rilis resmi dari Toyota.

Baca juga: Harga CR-V dan HR-V di Jateng Setelah Diskon Pajak

"Mengenai harga Tyota Raize memang belum rilis dan belum tertera di pricelist April ini, namun pemesanan sudah bisa dilakukan," kata Faisal kepada kompas.com, Rabu (7/4/2021).

Faisal menambahkan untuk pemesanan Toyota Raize pembeli harus menyertakan uang sebesar Rp 5 juta sebagai tanda jadi. Setelah membayar uang muka, baru pemesanan akan dilakukan oleh diler di Makassar ke diler Toyota pusat.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Toyota Raize sendiri masuk dalam penerima insentif pajak 0 persen karena telah memenuhi syarat komponen lokal diatas 70 persen dan memiliki kubikasi mesin tidak lebih dari 1.500 cc.

Baca juga: Tiga Merek Jepang Kompak Kerek Harga Motor Bebek Per April 2021

Nantinya Toyota Raize akan hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.000 cc turbo dan 1.200 NA.

Sedangkan untuk variannya, kembaran Daihtsu Rocky tersebut akan hadir dalam enam varian yaitu, 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0T G MT, 1.0T G CVT, 1.0T S CVT, 1.0T S CVT TSS.

Fitur smart assist jadi salah satu andalan pada Toyota Raize. Fitur smart assist jadi salah satu andalan pada Toyota Raize.

Meski informasi soal kehadirannya sudah cukup gencar, namun memang hingga saat ini sendiri belum ada kepastian mengenai kapan Raize akan dirilis untuk pasar Indonesia.

Pihak Toyota Astra Motor (TAM) pun hingga saat ini masih bungkam soal peluncuran produk yang pertama kali mengaspal di Jepang pada 2019 lalu itu.

Namun yang pasti, kehadiran Rocky dan Raize akan memberikan pilihan baru di tengah maraknya SUV compact yang belakangan mulai menjamur di Tanah Air.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X