Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dapat Relaksasi PPnBM, Harga Pajero Sport Diskon Rp 15 Juta

Kompas.com - 07/04/2021, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kecewa lantaran Pajero Sport tak masuk dalam daftar penerima relakasasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Seperti diketahui, aturan ini termaktub dalam Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Di sana tertulis pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 60 persen.

Baca juga: Polisi Bakal Tindak Tegas Kendaraan yang Nekat Mudik Lebaran 2021

Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2

Pajero Sport yang sempat digadang-gadang masuk dalam daftar, ternyata tidak memenuhi kriteria persyaratan yang diajukan pemerintah.

Tercatat hanya ada empat model mobil 1.500 - 2.500 cc yang memenuhi kriteria itu, yakni Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, Honda HR-V 1.8 liter, dan Honda CR-V.

“Kami paham harus memikirkan konsumen kita yang saat ini ingin membeli Pajero Sport. Kami mohon maaf, Pajero Sport belum bisa masuk relaksasi PPnBM,” ujar Naoya Nakamura Presiden Direktur MMKSI, dalam konferensi virtual (6/4/2021).

Baca juga: Pilihan SUV Medium Bekas, X-Trail Mulai Rp 190 Jutaan

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggihKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

“Namun kami paham bahwa kita harus memikirkan konsumen kita yang saat ini sangat ingin membeli Pajero Sport dengan harga rasional,” ucap Nakamura.

Meski begitu, konsumen Pajero Sport tidak perlu berkecil hati. Masih ada sejumlah insentif yang diberikan MMKSI hingga diler untuk SUV ladder frame ini.

“Sebagai gantinya kami telah memulai sales program yang lebih baik lagi, mulai dari April 2021 khusus untuk Pajero Sport," kata Nakamura.

"Sehingga konsumen kami yang ingin beli Pajero Sport tetap dapat benefit dan diuntungkan dengan program sales yang sudah kami terapkan,” tuturnya.

Baca juga: Ada Diskon PPnBM, Penjualan Mitsubishi Meningkat Drastis

Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior

Selain itu, diskon yang diberikan buat Pajero Sport pada April 2021 terbilang lumayan mencapai puluhan juta rupiah.

“Diskon Pajero Sport sekitar Rp 15 untuk semua varian, baik cash maupun kredit,” ucap salah satu pramuniaga Mitsubishi di Jakarta Selatan, kepada Kompas.com (7/4/2021).

Untuk diketahui, saat ini Pajero Sport dibanderol dari Rp 502 juta (tipe Exceed 4x2 MT) sampai Rp 733,7 juta (tipe Dakar Ultimate 4x4 AT). Usai mendapat diskon Rp 15 juta, harganya menjadi Rp 487 juta hingga Rp 718,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com