Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Ujug-ujug, Ini Latar Belakang City Hatchback Dapat Diskon Pajak

Kompas.com - 08/04/2021, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi mengumumkan harga City Hatchback RS. Mobil yang menjadi pengganti Jazz tersebut, dipasarkan sebesar Rp 289 juta untuk manual dan Rp 299 untuk CVT.

Menariknya, harga tersebut sudah terpangkas diskon pajak 100 persen yang diberikan pemerintah. Padahal, saat awal kebijakan diterbitkan, hanya 21 mobil 1.500 cc ke bawah yang bisa menikmati diskon tersebut.

Masuknya City Hatchback RS ke daftar peneriman insentif PPnBM tentunya mendatangkan pertanyaan. Hal tersebut karena ada kesan mendadak lantara sebelumnya hanya dinikmati Mobilio, BR-V, HR-V 1.5, dan Brio RS.

Baca juga: Tanpa Honda Jazz, Ini Daftar Harga Hatchback April 2021

Menjelaskah hal tersebut, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM Yusak Billy mengatakan, pemberian PPnBM 100 persen bagi City Hatchback tidak dilakukan secara tiba-tiba.

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

"Aturan detail resmi keluar itu pertengahan Februari, kami melihat, dan menghitung ternyata City Hatchback local puchase-nya 70 persen, dan waktu itu City Hatchback belum launching, delivery-nya juga di April, jadi kami belum bisa umumkan harganya," ucap Billy, dalam konferensi pers virtual peluncuran Dream Cafe, Rabu (7/4/2021).

Menurut Billy, ada banyak hal yang dipertimbangkan. Tapi usai dipelajari soal detail aturan, hingga mendapat kepastian terkait local purchase City Hatchback yang sesuai disyaratkan, baru diambil langkah selanjutnya.

Baca juga: Rocky dan Raize Masih Absen, DFSK Kerek Banderol Glory 560 Bulan Ini


 

Bila disinggung kenapa tidak mengajukan sejak awal, layaknya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang hingga saat ini belum ada kejelasan, Billy memastikan pemberian relaksasi City Hatchback RS bukan akibat terlambat.

"Jadi kami lihat detailnya, pelajari, baru kami propose, bukan ujug-ujug langsung masuk (dapat relaksasi). Tidak terlambat, kalau tetangga sudah bisa menghitung ya kami tidak tahu, tapi City Hatchback itu belum dikirim jadi kami tunggu clear," kata Billy.

Honda City Hatchback RSKOMPAS.com/Ruly Honda City Hatchback RS

Sementara untuk pencapaiannya sendiri, menurut Billy sejauh ini cukup baik. Karena sebelum harga diumumkan, peminatnya sudah banyak dan berdasarkan data terakhir, jumlah pemesanan pengganti Jazz ini sudah sekitar 800-an unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com